Kompas.com - 23/09/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi pajak THINKSTOCKS/WAVEBREAKMEDIA LTDIlustrasi pajak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Mohammad Tsani Annafari menyatakan hingga September 2020, ada sebanyak Rp 19,2 triliun pembayaran pajak yang dilakukan masyarakat DKI Jakarta.

Dia bilang angka ini masih relatif jauh dari target awal sebesar Rp 50,1 triliun.

"Kita menargetkan di awal ada sebesar Rp 50,1 triliun yang kita dapatkan dari pembayaran pajak. Sementara yang kita dapatkan per September ini sudah ada Rp 19,2 triliun," ujarnya saat jumpa pers virtual GoPay, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Penerimaan Pajak Tertekan, Realisasi hingga Agustus 2020 Baru Rp 676,9 triliun

Dia mengakui memang semenjak adanya pandemi Covid-19 membuat segala sektor terimbas. Hal ini pun kata dia memberikan tekanan pada pembayaran pajak dan restribusi masyarakat.

Melihat hal itu, lanjut dia, pemerintah telah melakukan revisi target pembayaran pajak. Revisi target tersebut pun kini sedang digodok di DPRD.

"Namun karena kondisi pandemi, ada rencana penyesuaian target. Ini menunggu rapat paripurna DPRD dan belum bisa disebutkan angkanya. Tetapi pembicaraan terakhir itu di angka Rp 29 triliun," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga membeberkan penyumbang pajak terbesar itu sejauh ini disumbang oleh Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Baca juga: Bos ADB: Rasio Pajak Asia Tenggara Terendah Se-Asia

Lalu disusul Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan pajak balik nama kepemilikan kendaraan.

Sementara pajak yang babak belur bersumber dari beberapa sektor seperti hotel, restoran hingga hiburan.

"Kita tahu, semuanya karena adanya Covid-19. Yang biasanya kontribusinya cukup signifikan sekarang tidak ada," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.