Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Pilot dan Pramugari Promosikan Keamanan Penerbangan Lewat Media Sosial

Kompas.com - 23/09/2020, 17:20 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan maskapai tengah fokus menggenjot angka okupansi pesawat di tengah pandemi Covid-19. Berbagai protokol kesehatan sudah diterapkan oleh para maskapai dalam negeri.

Namun, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, sampai saat ini masih ada masyarakat yang memilki kekhawatiran untuk berpergian dengan menggunakan pesawat.

“Rasa takut apabila menggunakan pesawat udara yang berhimpit-himpitan akan terpapar (Covid-19),” katanya, dalam diskusi virtual, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Menhub: Jumlah Penumpang Pesawat Sudah Terlihat Ada Peningkatan

Oleh karenanya, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu, kembali meminta kepada seluruh stake holders industri transportasi udara untuk terus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Dari saaat mereka itu menghadiri bandara harus kita lakukan rapid test, pemeriksaan dan sebagainya, dan juga pembersihan pada bandara juga di pesawat itu harus dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Setelah protokol kesehatan diterapkan, Budi menilai pentingnya peranan kampanye, khususnya melalui media sosial. Pasalnya, melalui platform media sosial lah masyarakat dapat mengetahui informasi terkini terkait operasional industri penerbangan.

“Hal-hal yang positif kita lakukan tentang teknolgi HEPA, tentang ramah tamah kita, tentang konsistensi protokol kesehatan kita harus dishare ke dunia media sosial,” ujarnya.

Baca juga: Menhub: Jumlah Penumpang Pesawat Sudah Terlihat Ada Peningkatan

Budi meminta agar kampanye tersebut terus dilaksanakan oleh seluruh stake holder terkait, khususnya bagi para pilot dan pramugari.

“Saya tahu teman-teman pilot teman-teman pramugari memilki akun atau followers yang banyak, lakukan itu,” katanya.

Menurutnya, dengan diterapkannya protokol kesehatan secara ketat dan berkelanjutan, masyarakat akan kembali percaya untuk berpergian dengan menggunakan pesawat.

“Saya inginkan kita tetap konsisten, tetap awas, tidak boleh abai protokol kesehatan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com