Menhub Minta Pilot dan Pramugari Promosikan Keamanan Penerbangan Lewat Media Sosial

Kompas.com - 23/09/2020, 17:20 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat memakai masker selama penerbangan. SHUTTERSTOCK/Thanakorn.PIlustrasi penumpang pesawat memakai masker selama penerbangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan maskapai tengah fokus menggenjot angka okupansi pesawat di tengah pandemi Covid-19. Berbagai protokol kesehatan sudah diterapkan oleh para maskapai dalam negeri.

Namun, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, sampai saat ini masih ada masyarakat yang memilki kekhawatiran untuk berpergian dengan menggunakan pesawat.

“Rasa takut apabila menggunakan pesawat udara yang berhimpit-himpitan akan terpapar (Covid-19),” katanya, dalam diskusi virtual, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Menhub: Jumlah Penumpang Pesawat Sudah Terlihat Ada Peningkatan

Oleh karenanya, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu, kembali meminta kepada seluruh stake holders industri transportasi udara untuk terus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Dari saaat mereka itu menghadiri bandara harus kita lakukan rapid test, pemeriksaan dan sebagainya, dan juga pembersihan pada bandara juga di pesawat itu harus dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Setelah protokol kesehatan diterapkan, Budi menilai pentingnya peranan kampanye, khususnya melalui media sosial. Pasalnya, melalui platform media sosial lah masyarakat dapat mengetahui informasi terkini terkait operasional industri penerbangan.

“Hal-hal yang positif kita lakukan tentang teknolgi HEPA, tentang ramah tamah kita, tentang konsistensi protokol kesehatan kita harus dishare ke dunia media sosial,” ujarnya.

Baca juga: Menhub: Jumlah Penumpang Pesawat Sudah Terlihat Ada Peningkatan

Budi meminta agar kampanye tersebut terus dilaksanakan oleh seluruh stake holder terkait, khususnya bagi para pilot dan pramugari.

“Saya tahu teman-teman pilot teman-teman pramugari memilki akun atau followers yang banyak, lakukan itu,” katanya.

Menurutnya, dengan diterapkannya protokol kesehatan secara ketat dan berkelanjutan, masyarakat akan kembali percaya untuk berpergian dengan menggunakan pesawat.

“Saya inginkan kita tetap konsisten, tetap awas, tidak boleh abai protokol kesehatan,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X