Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pandemi, Pengguna MyPertamina di Jateng dan Yogyakarta Naik 800 Persen

Kompas.com - 23/09/2020, 18:16 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memunculkan adanya perubahan pola pembayaran di masyarakat dari tunai menjadi non tunai.

Hal tersebut terefleksikan dengan meningkatnya pengguna aplikasi MyPertamina untuk melakukan pembayaran BBM di SPBU Pertamina.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region (MOR) IV Pertamina Anna Yudhiastuti melaporkan, transaksi MyPertamina khusus di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta meningkat hingga 800 persen.

Baca juga: Lewat Program ini, Pertamina Salurkan Rp 3,3 Miliar untuk UMKM

Menurutnya, pandemi yang terjadi telah mempercepat perubahan pola transaksi dari yang semula menggunakan uang tunai kemudian beralih menjadi menggunakan uang elektronik.

“Khusus di wilayah kerja kami yakni Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, ada peningkatan angka pengguna MyPertamina yang cukup signifikan yaitu hingga 8 kali kelipatan atau 800 persen,” ujar Anna dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Peningkatan tersebut terlihat dari jumlah pengguna MyPertamina pada bulan Mei 2020 sebanyak 37.000 pengguna, kini bertambah menjadi 342.000 pengguna pada bulan September 2020.

"Setidaknya ada 28.000 transaksi setiap harinya melalui aplikasi MyPertamina yang tercatat di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dan kami harapkan akan terus bertambah,” katanya.

Baca juga: Erick Thohir Minta Ahok Lakukan Transformasi di Pertamina

Lebih lanjut Anna menyebutkan, pihaknya mengkampanyekan penggunaan MyPertamina untuk mencegah potensi penyebaran virus corona, khususnya pada saat pengisian bahan bakar di SPBU.

“Kami terus mengedukasi dan mengimbau kepada pelanggan kami untuk menggunakan aplikasi MyPertamina guna mengurangi adanya kontak fisik antara pelanggan dengan petugas SPBU,” kata Anna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com