Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merchant Tokopedia Bertambah 2 Juta Selama Pandemi, Mayoritas Usaha Ultra Mikro

Kompas.com - 23/09/2020, 21:43 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - VP of Fintech and Payment Tokopedia Vira Widiyasari mengatakan, hingga sekarang sudah terdapat 9 juta merchant (pedagang) yang mulai menjual produk-produknya di Tokopedia atau beralih dari konvensional ke penjualan secara daring.

Rata-rata merchant tersebut, menurut Vira merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Total merchant kita sudah 9 juta. Jadi memang terus bertambah. As of now itu sudah lebih dari 9 juta penjual yang ada di Tokopedia. Hampir 95 persen memang ultra mikro," ucapnya saat diskusi santai secara daring bersama awak media, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Transaksi Pembelian Reksa Dana di Tokopedia Naik Hampir 27 Kali Lipat

Sementara External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, sebelum masa pandemi Covid-19, merchant yang bergabung di Tokopedia mencapai 7,2 juta.

Namun, selama pandemi hingga kini, perlahan para UMKM mulai menjajakan dagangannya melalui platform perusahaan berstatus Unicorn ini. Bahkan, peningkatan merchant di Tokopedia, lanjut Ekhel, bertambah signifikan selama masa pandemi.

"Waktu awal sebelum pandemi (merchant) kita ada 7,2 juta. Jadi sekarang ada peningkatan lebih dari 2 juta. Jadi selama periode hanya sekitar 6 bulan," ujarnya.

Seiring dengan itu, pihaknya tetap terus mendorong UMKM agar mulai beralih ke penjualan secara daring atau melalui digital platform.

"Dengan kampanye Jaga Ekonomi Indonesia tujuannya mendorong sebanyak-banyaknya UMKM agar bisa menciptakan peluang dan memastikan agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah," katanya.

Selain itu, Tokopedia juga mendukung berbagai upaya pemerintah dengan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang masih terus digaungkan.

"Kuncinya adalah membuat kita untuk beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi," kata Ekhel.

Baca juga: Pandemi, Penjualan Kopi Literan UMKM di Tokopedia Naik 5 Kali Lipat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com