Ini Kesalahan yang Kerap Buat Perencanaan Keuangan Gagal Terealisasi

Kompas.com - 24/09/2020, 16:15 WIB
Ilustrasi menabung SHUTTERSTOCK/LOVEYDAY12Ilustrasi menabung

JAKARTA, KOMPAS.com - Perencanaan keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Ini untuk memastikan perputaran uang terjaga baik antara pengeluaran dan pemasukan, juga untuk kepastian finansial di masa depan.

Sayangnya, seringkali perencanaan keuangan gagal direalisasikan. Direktur AXA Financial Indonesia Cicilia Nina Triana mengatakan, ada beberapa kesalahan yang membuat orang gagal melakukan perencanaan keuangan yang baik.

Kesalahan pertama, seringkali reasalisasi belanja tak dilakukan sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Bahkan, seringkali orang belanja terlebih dahulu baru kemudian dicatat atau dihitung pengeluarannya.

Baca juga: Lazada: LazMall Mal Online Terbesar di Asia Tenggara

"Ini sering terjadi biasanya pada perempuan, apalagi yang berkeluarga. Biasanya berencana tapi terbalik, belanja dulu baru dia catat. Itu yang terjadi dan berdampak panjang terhadap keseluruhan keuangan keluarga tersebut," ungkap Nina dalam webinar AXA tentang perencanaan keuangan, Kamis (24/9/2020).

Kesalahan lainnya dalam perencanaan keuangan adalah telat memulai. Ini terjadi karena umumnya orang akan menunda-nunda untuk membuat perencanaan keuangan yang baik untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Penundaan terus berjalan seiring dengan bertambahnya usia. Alhasil, ketika usia sudah cukup tua yang didapati adalah tidak memiliki perencanaan yang matang untuk hari tua mendatang.

"Mulainya telat, karena selalu nanti-nanti saja, sehingga tiba-tiba sudah usia 50 tahun aja, baru sadar kalau enggak punya preparing (persiapan) yang bagus untuk hari tua," ujar dia.

Baca juga: Melalui RUU Cipta Kerja, Pemerintah Jamin UMKM Bisa Dirikan PT

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X