Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di 13 Kota Akan Disiapkan untuk Tampung Pasien Covid-19

Kompas.com - 24/09/2020, 16:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah hotel bintang dua dan tiga di 13 kota di Indonesia diperkirakan akan disiapkan untuk menampung pasien Covid-19.

Hotel-hotel tersebut disiapkan untuk mengantisipasi jika rumah sakit-rumah sakit di 13 daerah tersebut tak lagi cukup untuk menampung pasien Covid-19.

“Semalam diskusi kami dengan Ketua Umum PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), ada 13 kota yang tingkat Covid tinggi dan itu ekspek tidak mungkin tertampung oleh RS yang ada. Sehingga butuh hotel bintang 2 dan 3 (untuk menampung),” ujar Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Iswandi Said dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Luhut Minta 8 Daerah Siapkan Hotel Bintang 2 dan 3 untuk Pusat Karantina Pasien OTG

Namun, Iswandi tak merinci kota-kota apa saja yang hotelnya tengah disiapkan untuk menampung pasien Covid-19. Dia hanya menyebut tiga kota, yakni Bali, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

"Ini sedang dalam kajian data untuk menentukan hotel mana yang tampung pasien OTG dan ODP,” kata Iswandi.

Iswandi menjelaskan pihaknya akan bekerja sama dengan PHRI terkait permasalahan tersebut.

“OTG dan ODP itu sudah positif terjangkit. Jadi untuk kedua tipe pasien ini kami kerja sama dengan PHRI dan baru semalam melakukan rakor dengan PHRI untuk OTG dan ODP penujukannya adalah dari gugus tugas,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com