Pabrik Jadi Klaster Covid-19 Terbanyak, Ini Kata Menperin

Kompas.com - 25/09/2020, 07:05 WIB
Pekerja menggunakan masker saat menyelesaikan pembuatan blender di Pabrik PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Cileungsi, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020). PT SCNP merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi alat elektronik rumah tangga sejak 1980-an. Pekerja juga menerapkan protokol Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPekerja menggunakan masker saat menyelesaikan pembuatan blender di Pabrik PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Cileungsi, Jawa Barat, Rabu (19/8/2020). PT SCNP merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi alat elektronik rumah tangga sejak 1980-an. Pekerja juga menerapkan protokol Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian ( Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja secara ketat dan disiplin.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menperin Nomor 697 Tahun 2020 tentang Kewajiban Penerapan Protokol Kesehatan yang diterbitkan pada 21 September 2020.

Dia berharap, perusahaan dapat melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap aktivitas para pekerjanya, baik itu di dalam maupun luar lingkungan kerja.

Baca juga: Banyak Pabrik Jadi Klaster Covid-19, Ini Tanggapan Pengusaha

Hal tersebut terkait dengan status masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang masih berlaku hingga saat ini.

“Untuk pengawasan para pekerja di luar pabrik akan dilakukan melalui kerja sama dengan stakeholder terkait. Sebab, perlu koordinasi dengan banyak pihak. Misalnya, mengenai transportasinya atau yang lainnya,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (24/9/2020).

Selanjutnya, Agus menekankan perlunya perusahaan melakukan sosialiasi penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas harian kepada para pekerjanya secara berkala di lingkungan masing-masing.

Di dalam SE Menperin 697/2020 ditekankan, dalam melaksanakan kegiatan usaha selama masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19, perusahaan wajib menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 dan SE Menperin Nomor 4 Tahun 2020.

Baca juga: Pabrik Jadi Klaster Covid-19, Pengusaha Minta Pemerintah Hati-hati Beri Sanksi

Perusahaan juga wajib melaporkan operasional dan mobilitas kegiatan industri secara berkala setiap akhir pekan melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).

Di internal Kemenperin, dia juga menginstruksikan jajarannya untuk memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19, baik di perusahaan industri maupun perusahaan kawasan industri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X