Terdampak Pandemi, Menkop Dorong Petani Kopi Bentuk Koperasi

Kompas.com - 25/09/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi petani kopi. SHUTTERSTOCK/EM FAEISIlustrasi petani kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mendorong para petani kopi untuk memperkuat kelembagaannya dengan membentuk koperasi.

Dia bilang, cara ini bisa menjadi salah satu solusi agar permasalahan yang dialami para petani kopi, seperti kesulitan dalam menjual produk kopi hingga faktor pembiayaan bisa teratasi.

"Saya mendorong agar di setiap daerah petaninya tergabung dalam koperasi. Saya ditugaskan bapak Presiden untuk memperkuat koperasi pangan dan produksi, terutama di sektor pertanian, perikanan dan perkebunan. Kopi adalah salah satu keunggulan domestik, kita perkuat kelembagaannya," ujar Teten dalam siaran pers, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: Petani Kopi Sumedang Dapat Bantuan Mesin Produksi dan Pelatihan

Menurutnya koperasi, dengan adanya perkuatan dari LPDB-KUMKM, akan menjadi off taker (pembeli barang) bagi produk-produk pertanian.

Sehingga, akan ada perlindungan dari sisi pasar, karena produk akan dibeli oleh koperasi.

"Yang terjadi sekarang adalah petani kesulitan untuk menjual produknya. Kami rancang kelembagaan, sehingga penjualan produk ini dapat diintegrasikan dengan koperasi, agar petani tidak lagi mengalami kesulitan penjualan," jelas Teten. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Teten bilang pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Kementerian Pertanian dalam penyediaan bibit unggul serta penyuluhan, demi kesejahteraan petani.

Baca juga: Mendag: Kopi Asal Indonesia Bisa Bersaing di Pasar Global

"Kualitas bibit dan penanaman perlu ditingkatkan. Kami integrasikan dengan Kementan untuk penyuluhan dan penyediaan bibit unggul, sehingga akan meningkatkan perbaikan kesejahteraan petani," tambahnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.