Pengusaha Air Minum Jadi Orang Terkaya di China, Geser Posisi Jack Ma

Kompas.com - 25/09/2020, 10:43 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

BEIJING, KOMPAS.com - Pendiri Alibaba Jack Ma kini tidak lagi menyandang status orang terkaya di China.

Sebab, posisi Ma telah digeser oleh Zhong Shanshan, pengusaha pendiri perusahaan air minum dalam kemasan. Zhong mendirikan Nongfu Spring pada tahun 1996 di provinsi Zhejiang.

Dikutip dari BBC, Jumat (25/9/2020), berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Zhong tercatat sebesar 58,7 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 875 triliun (kurs Rp 14.905 per dollar AS).

Baca juga: Tolak PSBB, Orang Terkaya di Indonesia Kirim Surat ke Jokowi

Dikabarkan, listing saham Nongfu Spring di bursa efek beberapa waktu lalu dan kepemilikan saham di perusahaan produsen vaksin mendongkrak kekayaan Zhong.

Zhong, yang memiliki julukan Lone Wolf, kini merupakan orang terkaya kedua di Asia. Posisi Zhong berada di bawah konglomerat asal India, Mukesh Ambani.

Adapun Zhong menempati posisi ke-17 dalam daftar 500 orang terkaya di dunia.

Sebagian besar miliarder baru China berasal dari sektor industri teknologi. Akan tetapi, meningkatnya ketegangan antara China dan Amerika Serikat terkait Huawei, TikTok, hingga WeChat membuat valuasi saham perusahaan teknologi China merosot.

Baca juga: Orang Terkaya Australia Teken Kesepakatan dengan Pemerintah RI

Industri makanan dan perbelanjaan serta teknologi kini menjadi penyumbang terbanyak orang terkaya di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Selain Nongfu Spring, Zhong juga memiliki perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise. Perusahaan itu melantai di bursa saham China pada April 2020 lalu.

Sebagai pemegang saham pengendali, menguatnya saham Wantai membuat kekayaan Zhong melesat. Perusahaan itu menyatakan telah bermitra dengan dua universitas untuk mengembangkan kandidat vaksin Covid-19.

Halaman:


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X