Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rincian Kuota Internet Gratis yang Didapat Siswa, Guru, dan Dosen

Kompas.com - 25/09/2020, 13:16 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun untuk program bantuan subsidi kuota internet bagi pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen.

Bantuan subsidi kuota internet itu akan diberikan mulai dari September hingga Desember 2020.

“Kami telah mengalokasikan anggaran Rp 7,2 triliun untuk dana bantuan dari bulan September sampai Desember 2020,” ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/9/2020).

Nadiem menambahkan, subsidi bantuan kuota gratis ini akan diberikan kepada empat kelompok.

Baca juga: Ombudsman: Mahasiswa S3 Kok Dapat Bantuan Kuota Pulsa Kemendikbud?

Pertama, untuk kelompok peserta didik jenjang PAUD akan mendapat kuota internet gratis sebesar 20 gigabyte (GB) per bulan. Kuota tersebut terbagi menjadi 5 GB untuk kuota umum dan 15 GB kuota belajar.

Kedua, untuk peserta didik jenjang dasar hingga menengah akan mendapat kuota internet gratis sebesar 35 GB per bulan. Kuota tersebut terbagi menjadi 5 GB untuk kuota umum dan 30 GB kuota belajar.

Ketiga, untuk tenaga pendidik jenjang PAUD, dasar, dan menengah akan mendapat kuota internet gratis sebesar 42 GB per bulan. Kuota tersebut terbagi menjadi 5 GB untuk kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Keempat, untuk mahasiswa dan dosen akan mendapat kuota internet gratis sebesar 50 GB per bulan. Kuota tersebut terbagi menjadi 5 GB untuk kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

“Itu dibagi dari kuota umum yang bisa digunakan untuk semua jenis aplikasi dan kuota belajar yang secara spesifik hanya untuk aplikasi dan aktivitas belajar dan durasi bantuan ini selama empat bulan,” kata Nadiem.

Adapun aplikasi dan laman belajar tersebut seperti Kipin School 4.0., Microsoft Education, Quipper, Ruangguru, Rumah Belajar, Sekolah.mu, Udemy, Zenius, Google Classroom, dan Edmodo.

Kuota belajar juga dapat digunakan mengakses platform konferensi video meliputi Cisco Webex, Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, dan Zoom.

Adapun bantuan kuota internet gratis untuk September tahap I dijadwalkan cair pada 22-24 September 2020 dan tahap II pada 28-30 September 2020.

Pada Oktober, tahap I bantuan direncanakan cair pada 22-24 Oktober 2020 dan tahap II pada 28-30 Oktober 2020.

Sedangkan pada November tahap I diberikan pada 22-24 November 2020 dan tahap II pada 28-30 November 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com