Melonjaknya Kasus Covid-19 Jadi Penyebab IHSG Jatuh 2,24 Persen dalam Sepekan

Kompas.com - 25/09/2020, 18:45 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 2,24 persen dalam sepekan, mekipun sore ini indeks ditutup menguat 2,13 persen pada level 4.945,79.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan ada tiga hal yang menjadi penyebab IHSG mengalami penurunan dalam sepekan ini.

Beberapa sentimen tersebut antara lain, peningkatan kasus Covid-19 di seluruh dunia, pemberlakuan PSBB total di DKI Jakarta dan aliran dana asing yang terus keluar pasar domestik.

Baca juga: IHSG Melesat 2,13 Persen di Akhir Pekan

“Sepekan ini indeks memang rata-rata turun ya, karena di seluruh dunia juga turun, ini terjadi karena peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang terjadi di banyak negara membuat kebijakan lockdown diberlakukan kembali,” kata Hans kepada Kompas.com, Jumat (24/9/2020).

Sementara itu, PSBB di Jakarta yang diberlakukan dinilai menjadi penyebab, lantaran Jakarta merupakan barometer Indonesia. Kebijakan yang diterapkan mendapat sentimen dari investor yang menyebabkan investasi mengalami penurunan, terlihat dari dana asing yang terus keluar dari pasar domestik.

Hans menilai, untuk mengantisipasi kondisi semakin parah maka peran serta pemerintah dalam membuat kebijakan butuh pemikiran yang dalam dan serius dengan menimbang berbagai aspek. 

“Sebenarnya pilihannya sekarang apakah pemerintah pilih pro kesehatan atau pro ekonomi. Jadi ini memang pilihan sulit dan kebijakan yang diterapkan harus efisien dan efektif, kalau enggak dana asing akan cenderung keluar (dari pasar domestik),” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X