Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Ekonomi Melambat sejak Kuartal I | Kirim Foto Meteran Listrik Lagi

Kompas.com - 26/09/2020, 06:32 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - tak diragukan lagi, pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap perekonomian. Hal ini terlihat dari perekonomian Indonesia yang melambat sejak kuartal I 2020.

Berita tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Jumat (25/9/2020). Sementara itu berita terpopuler kedua adalah tentang Kemenhub yang terbuka dengan masukan terkait aturan mengenai sepeda.

Berikut daftar berita terpopuler selengkapnya:

1. Kemenkeu Sebut RI Sudah Resesi, Ekonomi Melambat Sejak Kuartal I

Kementerian Keuangan menyatakan, Indonesia memang telah mengalami resesi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu mengatakan, dari awal tahun sebenarnya kinerja perekonomian Indonesia telah melambat sejak kuartal I-2020.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal I lalu, perekonomian RI hanya tumbuh 2,97 persen. Jauh lebih rendah dibanding pada kuartal IV-2019 yang sebesar 4,97 persen.

Pada kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi pun terperosok lebih dalam, yakni masuk ke zona negatif 5,32 persen. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Soal Aturan Sepeda, Menhub: Kalau Ada yang Keberatan, Kami "Welcome"

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) resmi menerbitkan aturan terkait pedoman pengguna sepeda di jalan beberapa waktu lalu. Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali menekankan, aturan tersebut diterbitkan guna menjamin keselamatan pesepeda. Kemenhub disebut tidak berniat untuk mengganggu kenyamanan para pengguna kendaraan roda dua tersebut.

"Tidak ada niatan kami mengintervensi, sehingga kenayamanan bapak ibu menjadi terganggu," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/9/2020). Selengkapnya silakan baca di sini.

3. Pengusaha Air Minum Jadi Orang Terkaya di China, Geser Posisi Jack Ma

Pendiri Alibaba Jack Ma kini tidak lagi menyandang status orang terkaya di China. Sebab, posisi Ma telah digeser oleh Zhong Shanshan, pengusaha pendiri perusahaan air minum dalam kemasan.

Zhong mendirikan Nongfu Spring pada tahun 1996 di provinsi Zhejiang. Dikutip dari BBC, Jumat (25/9/2020), berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Zhong tercatat sebesar 58,7 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 875 triliun (kurs Rp 14.905 per dollar AS).

Untuk membaca berita selengkapnya, silakan klik di sini.

4. Harga Emas Antam Naik Rp 7.000

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Jumat (25/9/2020) berada di angka Rp 1.009.000 per gram.

Angka tersebut naik Rp 7.000 jika dibandingkan dengan harga emas pada Kamis (24/9/2020) kemarin.

Sebagai catatan, harga emas Antam tersebut berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda. Selengkapnya silakan baca di sini.

5. PLN Buka Lagi Layanan Kirim Foto Meteran Listrik hingga 27 September 2020

PT PLN (Persero) memastikan petugas pencatat meter masih melakukan pencatatan meter secara langsung ke rumah pelanggan pasca-bayar.

Hal tersebut dilakukan untuk mengecek pemakaian listrik meski saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, PLN kembali membuka layanan pelaporan angka stand meter kWh atau meteran listrik secara mandiri untuk penghitungan tagihan listrik bulan Oktober 2020.

Pencatatan secara mandiri dilakukan apabila petugas pencatat meter tidak bisa mendatangi langsung rumah pelanggan. Selengkapnya silakan baca di sini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com