Berawal dari Hobi Gonta-ganti Motor, William Buka Usaha Bisnis Jual-Beli Motor Bekas

Kompas.com - 26/09/2020, 10:07 WIB
Owner KJV Motorsport, William, Dokumentasi Pribadi WilliamOwner KJV Motorsport, William,

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang hobi bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang. Apalagi jika hobi yang dimiliki sangat didukung dengan kebutuhan pasar.

Hal itulah yang dirasakan oleh Owner KJV Motorsport, William, saat menjalani usaha bisnisnya yaitu menjual motor bekas.

Kepada Kompas.com William bercerita asal muasal dia terjun ke usaha jual-beli motor, berangkat dari hobinya yang suka gonta-ganti motor khususnya pada motorsport.

Awalnya William berkuliah di salah satu universitas di Taiwan. Namun dia memilih berhenti berkuliah, dan balik ke Tanah Air. Di Indonesia dia bekerja sebagai transalator di salah satu lembaga pusat pelatihan bahasa.

Baca juga: Penjualan Motor di Indonesia Diprediksi Anjlok 45 Persen Tahun Ini

Setiap harinya bila berangkat kerja, dia harus menempuh perjalanan bulak-balik dari Jakarta ke Depok.

"Saya orangnya cepat bosan, saya jual motor saya dan itu enggak sekali dua kali tapi sering. Saya lihat jual motor bekas itu ada untung ruginya, lalu saya mencoba belajar dan membaca peluang, akhirnya saya jual motor saya, enggak mau tahu gimana caranya biar untung," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Di akhir tahun 2014 William mencoba untuk hunting produk-produk motor bekas melalui situs penjualan online seperti Kaskus hingga Tokobagus. Dia pun mencoba untuk memodifikasi motor tersebut dan kembali menjualnya.

"Lambat laun saya lihat sepertinya bisnis ini menjanjikan dan akhirnya saya fokus lagi mengembangkan usaha ini," ucapnya.

Untuk mengembangkan usahanya, William tidak memiliki modal yang besar. Dia hanya meminjam puluhan juta dari kakeknya sebagai modal dan untungnya bisnis yang ia jalani hingga saat ini berkembang pesat.

Awal tahun ke-3-nya, ia hanya mampu menjual sepeda motor sebanyak 3-4 unit namun sekarang dalam sebulannya bisa mencapai 180 hingga 200 unit motor.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X