Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir Rob, Pemerintah Prioritaskan Program Pengaman Pesisir di 5 Kota

Kompas.com - 28/09/2020, 20:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah  memprioritaskan proyek pengaman pesisir di 5 kota yang berlokasi di kawasan pantai utara (pantura) Jawa.

Asisten Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rahman Hidayat menuturkan 5 kota ini meliputi Jakarta, Cirebon, Pekalongan, Semarang, dan Demak.

 

"Manfaat program ini antara lain mengatasi bencana banjir rob di DKI Jakarta, Semarang, Pekalongan, Demak, dan Cirebon, serta berkurangnya waktu tempuh Semarang–Demak dari 1 jam menjadi 25 menit,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Dapat Anggaran Rp 45,6 Triliun, Kemenhub Fokus Bangun Infrastruktur

Di Jakarta, lanjut Rahman, khususnya pada kawasan Teluk Jakarta salah satu programnya adalah National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Di antara implementasi program ini adalah pembangunan infrastruktur tanggul pantai dan laut serta sistem sanitasi Jakarta.

Adapun pelaksana program ini antara lain Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian LHK, pemerintah daerah, Badan Usaha (BUMN/swasta). Program proyek ini membutuhkan dana sebesar Rp 54,9 triliun hingga 2024.

Rahman menyebutkan, pembiayaan program tersebut akan bersumber dari APBN sebesar Rp 31,4 triliun, KPBU Rp 18,7 triliun dan APBD sebesar Rp 4,8 triliun.

Berbagai program pengaman pesisir ini dilakukan, di antaranya pengamanan pesisir pantura Jakarta, ditargetkan akan dibangun sepanjang 7,25 Km. Kemudian jalan tol Semarang-Demak sekitar 15,5 Km.

Baca juga: PT SMI Bakal Beri Pinjaman untuk Pemda Bangun Infrastruktur, Syaratnya...

Selanjutnya, pembangunan dan peningkatan tanggul laut, break water, dan bangunan pengamanan pantai lainnya di kawasan pantura Jawa.

“Selain itu, kami juga menggandeng KKP dalam kerangka identifikasi infrastruktur dan bangunan pantai di Pantura Jawa. Langkah ini merupakan upaya terpadu yang cukup efektif untuk mengoptimalkan dampak program sesuai maksud dan tujuannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com