Mahasiswa, Jangan Asal Ikut-ikutan Investasi

Kompas.com - 29/09/2020, 13:36 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Pengembangan Investor Bursa Efek Indonesia ( BEI) Erna Dewayani mengatakan, masa pandemi atau pasca masa pandemi Covid-19, peluang di pasar modal sangat terbuka luas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan Erna kepada  ratusan mahasiswa Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan (Uniwara) mengatakan,

Oleh sebab itu, lanjut Erna, apabila tertarik untuk berinvestasi maka ada syarat yang mesti diketahui, yakni instrumen atau produk investasi yang akan dipilih.

Baca juga: Simak 4 Tips Investasi Saham di Tengah Ancaman Resesi

"Tentu saja ketika kita mau berinvestasi di pasar modal, itu syarat utamanya adalah kita harus tahu produk apa yang ingin kita investasikan. Jangan asal ikut-ikutan," ujarnya dalam webinar yang diadakan secara daring, Selasa (29/9/2020).

Erna kembali menjelaskan, bagi pemula atau yang ingin belajar terkait investasi, BEI memiliki Sekolah Pasar Modal (SPM) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan mengikuti SPM tersebut para calon investor akan terhindar dari risiko kerugian investasi yang besar.

"Oleh karena itu, Bursa Efek Indonesia punya kelas-kelas SPM di seluruh daerah. Intinya adalah sebelum melakukan investasi, kita sudah tahu produk dan risikonya dan jangan ikut-ikutan. Karena risiko terbesar adalah kita tidak tahu apa yang kita lakukan," katanya.

Baca juga: 8 Investasi Rendah Risiko, tetapi Cuan di Kala Resesi

Erna pun menyebutkan syarat kedua yang perlu dipahami ketika berinvestasi adalah memilih perusahaan yang go public. Sebab, perusahaan yang go public tersebut menurutnya, akan mengetahui segala kondisi perusahaan.

Ditambah lagi, perusahaan yang go public diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI sehingga meminimalisir risiko kerugian investor saat berinvestasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X