Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Holding BUMN Pelabuhan dan Pariwisata Akan Terbentuk dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 29/09/2020, 15:31 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, holding BUMN pelabuhan dan pariwisata akan terbentuk dalam waktu dekat ini.

Adapun holding BUMN pelabuhan akan berisi PT Pelindo I sampai dengan IV. Sementara holding BUMN parawisata akan terdiri dari PT Garuda Indonesia Tbk, PT Angkasa Pura, ITDC, dan Hotel Indonesia Natour (HIN).

“(Holding) Pelindo dalam waktu dekat, kemudian holding parawisata ini sudah diserahkan ke presiden, mungkin dalam waktu dekat sudah akan jadi juga,” ujar Arya dalam diskusi virtual yang dikutip Kompas.com pada Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Mengenal Super Holding BUMN yang Dibanggakan Ahok

Arya menambahkan, Menteri BUMN Erick Thohir serius dalam pembentukan holding atau klusterisasi BUMN.

Bahkan, kata dia, kecepatan pembentukan holding yang dilakukan Erick Thohir sudah menyamai mantan Menteri BUMN Rini Soemarno dalam lima tahun menjabat.

“Ibu Rini saja dalam lima tahun membentuk tiga sub holding,  sementara kita sekarang ini baru satu tahun sudah tiga juga. Artinya kecepatannya tinggi,” kata Arya.

Arya menuturkan, pembentukan holding maupun kluster dalam rangka transformasi BUMN. Sehingga, ke depannya kinerja perusahaan plat merah bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Beliau (Erick Thohir) berharap tahun pertama dan kedua urusan ini sudah beres. Sehingga, kita bertansformasi ke yang lebih besar lagi,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com