BCA Resmi Akuisisi Bank Interim, Sebelumnya Bernama Rabobank

Kompas.com - 29/09/2020, 16:40 WIB
Manara BCA dok BCAManara BCA

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk telah merampungkan akuisisi PT Bank Interim Indonesia atau sebelumnya adalah PT Bank Rabobank Internasional Indonesia.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn mengatakan, pengalihan saham Bank Interim telah dilakukan pada tanggal 25 September 2020.

Pengalihan saham itu dilakukan setelah mendapat persetujuan penyertaan modal, akuisisi, serta kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Tahun Depan, Rabobank Indonesia Dimerger ke BCA Syariah

"Dengan demikian, BCA resmi memiliki 99,999973 persen saham Bank Interim dan PT BCA Finance, anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki secara langsung dan tidak langsung oleh BCA, memiliki 0,000027 persen saham," kata Hera dalam siaran pers, Selasa (29/9/2020).

Hera menuturkan, total nilai akuisisi adalah Rp 643,65 miliar. Dengan adanya aksi korporasi ini, BCA bakal mendukung program konsolidasi sektor perbankan Indonesia.

BCA juga akan memperkuat posisi keuangan anak usaha BCA, yaitu PT Bank BCA Syariah melalui rencana penggabungan (merger) antara Bank Interim dengan BCA Syariah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pasca penggabungan, BCA Syariah akan menjadi perusahaan penerima penggabungan (surviving entity)," pungkas Hera.

Baca juga: Duet Rabobank-BCA Syariah, Mau Saingi Bank BUMN?

Sebelumnya diberitakan, para pemegang saham PT Bank Central Asia Tbk menyetujui akuisisi PT Bank Rabobank International Indonesia dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (30/7/2020).

Direktur Keuangan BCA, Vera Eve Lim sempat mengonfirmasi Rabobank (kini Bank Interim) memang akan dimerger dengan BCA Syariah.

Penggabungan dilakukan agar BCA Syariah semakin fokus menggarap sektor komersial dan ritel yang merupakan bisnis utama BCA Syariah. Begitu pun melakukan ekspansi bisnis ke segmen lain seperti UKM.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.