Dipercepat, Pembangunan Dermaga 2 Pelabuhan Marunda

Kompas.com - 29/09/2020, 17:07 WIB
Pembangunan infrastruktur dermaga 2 Pelabuhan Marunda di Jakarta Utara hingga awal 2020 masih terus berjalan. KOMPAS.comPembangunan infrastruktur dermaga 2 Pelabuhan Marunda di Jakarta Utara hingga awal 2020 masih terus berjalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Karya Citra Nusantara (KCN), anak usaha joint venture PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) atau KBN dengan PT Karya Teknik Utama akan mempercepat pengerjaan pembangunan dermaga atau pier 2 Pelabuhan Marunda.

Direktur Utama KCN Widodo Setiadi mengatakan, pembangunan dermaga sampai saat ini masih tetap berjalan tetapi memang tidak bisa sesuai target awal yaitu 2023 diselesaikan.

"Kami juga masih menunggu dari Kementerian BUMN, apa polanya nanti tetap swasta murni pendanaanya, atau memang mau ada penyertaan dari negara," kata Widodo kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Pengelolaan Pelabuhan Marunda, Kerja Sama BUMN dengan Swasta Harus Saling Menguntungkan

Jika sudah diputuskan Kementerian BUMN, Widodo menyakini pengerjaan dermaga 2 akan lebih cepat selesai dan bisa sesuai target awal.

"Kami sampaikan ke Kementerian BUMN, bahwa kami siap ditarget berapa lama, kalau tidak selesai ada sanksinya apa. Jadi kalau semua pihak mendukung, itu pasti bisa capai target," papar Widodo.

Nilai investasi pembangunan Pier 2 dan Pier 3 menelan biaya sebesar Rp 9 triliun dengan total panjang Pier 2 dan Pier 3 mencapai 5.350 meter dengan luas lahan pendukung 100 ha.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembangunan Pier 2 dan Pier 3 merupakan kelanjutan dari pembangunan Pier 1 di lahan pendukung seluas 20 hektare dari 42 hektare dan Pier 1 panjangnya 1.950 meter.

Baca juga: Gunakan Dana Non APBN, Pembangunan Pelabuhan Marunda Masih Terhambat

KCN memprediksi setelah Pier 1, 2, dan 3 rampung dibangun maka melakukan dwelling time sebesar 7.500 ton dalam satu waktu.

Secara tahunan, pelabuhan yang dikelola KCN, bisa menampung kapasitas kapal dan aktivitasnya sebesar 35 juta ton sampai 40 juta ton. (Reynas Abdila)

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: KCN Percepat Pembangunan Dermaga 2 Pelabuhan Marunda

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X