Digitalisasi dan Inovasi Produk, Upaya Bisnis Waralaba Bertahan Selama Pandemi

Kompas.com - 29/09/2020, 20:22 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan digitalisasi bisa menjadi cara bagi pelaku usaha waralaba untuk bertahan di masa pandemi Covid-19.

"Saya kira tentu saja dengan skill penjualan. Kita perlu mengatasi masalah yang dihadapi dalam hal cashflow. Misalnya, kalau restoran tidak diperbolehkan dine in, ya jualannya secara online. Dan itu sudah dilakukan secara digital," ujarnya dalam konfrensi pers virtual, Selasa (29/9/2020).

Selain itu, menurut Anang, inovasi produk juga diperlukan demi mempertahankan usaha di tengah pandemi.

Baca juga: Cari Inspirasi Bisnis? Cek Pameran Waralaba Virtual Ini

"Bisa juga muncul dengan suatu produk baru. Itu bisa juga dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencoba cara-cara baru. Misalnya, ibu-ibu membatasi diri hanya menjual gado-gado, kemudian bisa menambahkan menu balado," katanya.

Anang kembali berpendapat, kondisi Indonesia dinilai masih lebih baik dibandingkan Singapura dan Australia. Pasalnya, di kedua negara itu sudah alami kontraksi minus dua kali triwulan pertumbuhan ekonominya.

Untuk Indonesia, baru terkontraksi pada triwulan II sehingga dia beranggapan masih ada peluang positif.

"Peluangnya karena kita masih ada kelompok yang di bawah, katakanlah UMKM, franchise, atau lisensi. Mengaktifkan usahanya dengan demikian kita menciptakan domestik demand. Domestik demand akan membuat perekonomian Indonesia berputar," ujarnya.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Waralaba? Perhatikan Dua Hal Ini

Oleh karena itu, dirinya kembali mendorong serta menyemangati para pelaku usaha bisnis franchise, UMKM, dan lisensi supaya mereka menekuni dan memanfaatkan momen yang ditawarkan oleh IFRA.

IFRA 2020 (The 18th Indonesia Franchise, License, and Business Concept Expo and Conference) kembali hadir tahun ini. Bedanya, pameran lisensi dan waralaba ini dihadirkan secara virtual agar dapat diakses masyarakat luas sekaligus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X