September 2020, Harga Beras Premium Turun, Beras Medium Naik

Kompas.com - 01/10/2020, 15:38 WIB
Ilustrasi beras KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi beras

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi penurunan harga beras premium pada September 2020.

Tercatat, harga beras premium turun 0,92 persen secara bulanan (month to month/mtm) menjadi Rp 9.871 per kilogram.

Namun, turunnya harga beras di tingkat premium tak dibarengi dengan harga beras medium dan luar kualitas. Kedua jenis beras ini mengalami kenaikan masing-masing 0,75 persen dan 0,44 persen.

Baca juga: Mentan Sebut Stok Beras Aman sampai Akhir Tahun

" Harga beras premium di penggilingan pada September ini adalah Rp 9.871 per kilogram. Harga ini dibamding posisi agustus 2020 berarti turun 0,92 persen. Namum beras medium dan luar kualitas naik secara bulanan," kata kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi video, Kamis (1/10/2020).

Adapun secara tahunan, harga beras premium masih mencatatkan kenaikan sebesar 2,88 persen. Begitupun dengan beras medium, naik sebesar 1,11 persen.

Namun untuk beras di luar kualitas, harganya sudah turun 1,25 persen.

Sementara itu, harga gabah kering panen pada September adalah sebesar Rp 4.891, naik 1,53 persen (mtm). Secara tahunan, harga gabah kering panen turun tipis 0,28 persen.

"Ini sebabnya NTP atau NTUP di subsektor tanaman pangan meningkat," papar Kecuk.

Baca juga: Agustus 2020, Harga Beras Semua Kualitas Naik

Selanjutnya, harga gabah kering panen di tingkat penggilingan meningkat, yakni Rp 4.996 per kilogram. Tapi secara tahunan, masih menurun 0,32 persen (year on year/yoy).

Sedangkan untuk GKG di penggilingan naik 0,06 persen (mtm) dan turun 0,04 persen (yoy). Lalu Harga gabah di tingkat petani tercatat masih naik 1,53 persen.

"Jadi harga beras dan gabah ini di sisi hulu baik, dan di sisi konsumen harga beras tetap terjaga. Kita berharap harga beras terus stabil sampai akhir tahun," pungkas Suhariyanto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X