Kompas.com - 01/10/2020, 16:22 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup positif pada akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (1/10/2020). Demikian juga dengan mata uang ibu pertiwi yang berhasil menguat.

Melansir data RTI, IHSG ditutup pada level 4.970,09 atau naik 100,05 poin (2,05 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 4.870,03.

Sebanyak 295 saham melaju di zona hijau dan 127 saham di zona merah. Sedangkan 137 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 7,1 triliun dengan volume 12,7 miliar saham.

Indeks Asia bergerak fluktuatif dengan kenaikan indeks Strait Times 0,97 persen, sementara indeks Nikkei cenderung stagnan di zona merah.

Baca juga: Lewat Program Padat Karya, Kementan Libatkan Petani Lampung Bangun Jaringan Irigasi

Bursa saham Eropa sore ini juga fluktuatif, dengan kenaikan indeks FTSE 0,41 persen, semenatara indeks Xetra Dax turun 0,24 persen.

Sementara top gainers sore ini antara lain, saham Kimia Farma (KAEF) dengan kenaikan 10,03 persen dengan harga per saham Rp 3.180. Kemudian, saham XL Axiata (EXCL) juga naik 8,37 persen dengan harga per saham Rp 2.200. Selanjutnya saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) juga naik 7,4 persen pada level Rp 2.750 per saham.

Adapun top losers sore ini antara lain, saham Putra Rajawali Kencana (PURA) yang turun 6,02 persen dengan harga per saham Rp 125. Kemudian, saham Nusantara Properti Internasional (NATO) yang turun 2,1 persen pada level Rp 466 per saham. Dilanjutkan oleh, saham Erajaya Swasembada (ERAA) yang turun 1,6 persen dengan harga per saham Rp 1.520.

Semantara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot juga menguat. Mengutip data Bloomberg rupiah sore ini ditutup menguat 45 poin atau 0,3 persen pada level Rp 14.835 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.880 per dollar AS.

Baca juga: Simak, Ini Perhitungan Imbal Hasil Investasi ORI018

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.