Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Telur Ayam hingga Tembakau Turun pada September 2020

Kompas.com - 01/10/2020, 17:39 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) pada September 2020 turun sebesar 0,02 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Dengan begitu, perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0,60 persen dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 1,10 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, penurunan IHPB tertinggi terjadi pada sektor pertanian sebesar 0,33 persen, dengan andil sebesar 0,06 persen.

Baca juga: Pemulihan Sektor Perdagangan hingga Restoran Diproyeksi Melambat

"Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga pada September 2020 antara lain telur ayam ras, daun bawang, wortel, tembakau, cabai hijau, tembakau olahan, dan daging ayam ras," kata Suhariyanto dalam konferensi video, Kamis (1/10/2020).

Kemudian, sektor pertambangan dan penggalian turun sebesar 0,15 persen. Namun, sektor ini tidak memberikan andil pada September 2020.

Lalu, IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi pada September 2020 justru naik sebesar 0,19 persen terhadap bulan Agustus 2020.

Kenaikan ini terjadi di seluruh kelompok bangunan, meliputi bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal, bangunan pekerjaan umum untuk pertanian, bangunan pekerjaan umum untuk jalan, jembatan, dan pelabuhan; bangunan dan instalasi listrik, gas, air minum, dan komunikasi, serta bangunan lainnya.

"Kenaikan disebabkan oleh kenaikan harga komoditas atap dan sejenisnya, besi konstruksi bangunan, besi beton, kawat dan sejenisnya, dan pasir," sebut Suhariyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com