Tahun Depan, H&M Bakal Tutup 250 Gerai

Kompas.com - 02/10/2020, 10:39 WIB
H&M SHUTTERSTOCKH&M

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan ritel mode H&M berencana menutup 250 gerai mereka. Perusahaan mengatakan, akibat pandemi virus corona, kian banyak orang yang memutuskan untuk berbelanja secara online.

Dikutip dari CNN, Jumat (2/10/2020) saat ini H&M memiliki 5.000 gerai di seluruh dunia. Dengan demikian, rencana pemangkasan jumlah toko tersebut setara dengan 5 persen dari total seluruh gerai yang mereka miliki.

"Kian banyak pelanggan yang memilih untuk belanja online selama pandemi," jelas perusahaan. 

Baca juga: Terimbas Virus Corona, H&M Terancam Alami Kerugian

Saat ini, H&M pun telah menutup sementara 80 persen dari keseluruhan tokonya akibat pandemi.

Perusahaan ritel asal Swedia tersebut mengatakan pada kuartal III, yakni sepanjang Juni hingga Agustus, bisnis perusahaan mulai memasuki masa pemulihan.

Sebab, beberapa toko telah dibuka kembai dan penjualan online mulai meningkat.

Meski demikian, penjualan pada bulan September masih lebih rendah 5 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

"Meski tantangan yang terjadi saat ini masih jauh dari usai, kami percaya kondisi terburuk sudah kami lewati dan kami yakin dapat menghadapi krisis dengan lebih kuat," ujar CEO H&M Helena Helmersson dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Sempat Lesu, H&M Catat Kinerja Keuangan Memuaskan

Pandemi virus corona kian meningkatkan tren belanja secara online, yang sebenarnya telah mendisrupsi industri ritel sejak sebelum pandemi terjadi.

Pesaing H&M, Inditex, yang memiliki merek fashion Zara dan merek fast fashion lain, pada awal tahun ini sempat menyatakan bakal menutup 1.200 gerai tahun ini dan tahun 2021 mendatang.

H&M dan Inditex hanya gambaran kecil dari banyaknya perusahaan ritel yang terdampak pandemi. American Eagle Outfitter dan GameStop juga baru-baru ini mengumumkan bakal menutup ratusan gerai mereka akibat tren belanja online yang kian meningkat.




Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X