KILAS

Bantu Peternak Indramayu Atasi Kemarau, Kementan Bangun Embung

Kompas.com - 02/10/2020, 15:14 WIB
Embung peternakan, di lokasi Kelompok Ternak Sri Sumber Tirta I, Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Jumat (31/7/2020). DOK. Humas KementanEmbung peternakan, di lokasi Kelompok Ternak Sri Sumber Tirta I, Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Jumat (31/7/2020).

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu, membangun satu unit embung peternakan, di lokasi Kelompok Ternak Sri Sumber Tirta I, Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Jumat (31/7/2020).

Berdasarkan monitoring dan evaluasi pada puncak musim kemarau 2020 dan masa pandemi Covid-19, bangunan embung memang mampu menjadi salah satu solusi permasalahan kekurangan air.

Pasalnya, air embung dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bagi ternak dan tanaman pakan ternak.

Bantuan embung di Indramayu pun mampu menjadi stimulan bagi keberlanjutan usaha ternak sapi Kelompok Ternak Sri Sumber Tirta I. Terbukti, hingga kini jumlah kandang di sana mencapai 25 unit, dan digunakan untuk memelihara 82 ekor sapi potong.

Baca juga: Antisipasi Kekeringan, Kementan Bangun 2 Embung di Enrekang Sulsel

Adapun jenis sapi potong yang tersedia antara lain peranakan Ongole dari bantuan pemerintah, serta sapi potong dari teknologi inseminasi buatan dalam perkawinan ternak seperti Limousine, Brahman, Angus, dan Simental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, ada pula satu unit kandang berisi lima ekor domba lokal, yang bersumber dari dana Desa Cangkingan.

Rencananya, ke depannya juga akan dibangun kandang koloni baru berdampingan dengan kawasan kandang sebelumnya.

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluhan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu Dadang Supriatna mengatakan, bantuan embung dari PSP sangat berarti bagi keberlanjutan usaha ternak sapi potong Kelompok Ternak Sri Sumber Tirta I.

Baca juga: Kementan Realisasikan Pembangunan Embung di Kota Batu, Petani Sambut dengan Penuh Antusias

“Harapannya dapat mendukung program swasembada daging pemerintah. Paling tidak berperan serta dalam memenuhi kebutuhan daging sapi Kabupaten Indramayu yang selama ini masih sangat tergantung dengan sapi-sapi Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Dadang, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Senada dengan Dadang, Ketua Kelompok Ternak Sri Sumber Tirta I Charida juga mengucapkan terima kasih atas bantuan embung dari Kementan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.