Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Positif Covid-19, Ini Proyeksi IHSG Pekan Depan

Kompas.com - 04/10/2020, 11:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak sideways pada pekan depan. Sebelumnya IHSG ditutup pada zona merah pada level 4.926,73 atau turun 0,87 persen. Dalam sepekan, indeks telah turun 0,39 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, sepekan kedepan pasar akan lebih volatile. Hal ini lantaran beberapa sentimen yang mempengaruhi, salah satunya adalah berita Presiden AS Donald Trump yang positif Covid-19.

“IHSG dalam sepekan kami perkirakan cenderung sideways di range yang lebar. Situasi politik AS bisa berubah bila kesehatan Trump memburuk. Popularitas Trump juga menurun karena dianggap terlalu lemah dalam mengatasi pandemi,” kata Hans, Minggu (4/10/2020).

Baca juga: Trump Positif Covid-19, Pasar Akan Fokus pada Stimulus Fiskal AS

Hans mengatakan, ini diyakini akan mempengaruhi peluang Trump untuk kembali di pemilu AS November mendatang. Namun, di sisi lain Trump tidak patah arang dan mungkin akan mengambil lebih banyak langkah keras terhadap China untuk menaikkan popularitas dan mempertahankan dukungan dari para pemilihnya.

“Hal ini meningkatkan risiko dan ketidakpastian di pasar keuangan. Pelaku pasar tidak suka dengan hal ketidakpastian dan akan bergerak ke aset safe haven seperti emas, dollar AS dan yen (Jepang),” kata dia.

Pada debat pertama Trump dan calon dari Partai Demokrat Joe Biden diwarnai hujan interupsi. Perdebatan berputar pada permasalahan ekonomi AS, pencalonan Amy Coney Barrett di Mahkamah Agung serta penanganan pandemi Covid-19 di Amerika Serikat.

Sementara itu, peluang sengketa pemilu AS juga masih menjadi sentimen di pasar global. Pada debat tersebut, Trump mengatakan pemungutan suara melalui surat berpeluang terjadi kecurangan, namun pengamat mengatakan tidak ada bukti bahwa hal itu terjadi di Amerika Serikat.

“Hal ini kemudian menimbulkan kekhawatiran tentang periode pasca pemilu,” jelas Hans.

Baca juga: Rincian Harga Emas Batangan Pegadaian di Akhir Pekan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com