Ini Deretan Miliarder Paling Dermawan Versi Majalah Forbes

Kompas.com - 04/10/2020, 20:00 WIB
Warren Buffet KOMPAS.com/DESY KRISTI YANTIWarren Buffet
Penulis Kiki Safitri
|

NEW JERSEY, KOMPAS.com - Forbes menghitung hibah yang diberikan oleh para miliarder melalui yayasan filantropi setiap tahun. Pada Juli 2020 lalu, Forbes memperbarui skor para miliarder berdasarkan donasi yang telah diberikan.

Forbes memberikan skor mulai 1 hingga 5. Pada skor 1, ada 127 miliarder yang menyumbangkan donasi kurang dari 1 persen kekayaannya. Sebanyak 120 miliarder mendapatkan skor 2 dengan donasi 1-4,99 persen dari total kekayaannya.

Sedangkan 56 orang mendapatkan skor 3 karena memberikan donasi 5-9,99 persen dari kekayaan mereka. Sementara itu 19 miliarder telah mendonasikan 10 persen hingga 19 persen kekayaan mereka dan mendapatkan skor 4. 

Baca juga: Incar Dana Segar 3 Miliar Dollar AS, Airbnb Dikabarkan Siap IPO

Adapun yang mendapatkan skor 5 hanya 10 miliarder. Para miliarder ini memberikan 20 persen lebih kekayaan mereka untuk donasi. Sisanya 68 miliarder tidak terdata.

Melansir Forbes, Minggu (4/10/2020), donator terbesar adalah Warren Buffet dari Berkshire Hathaway. Forbes memperkirakan dari 73,5 miliar dollar AS total kekayaan Buffet, sebanyak 40 miliar dollar AS telah didistribusikan ke organisasi nirlaba, terutama melalui yayasan Bill dan Melinda Gates.

Sementara itu, jika diukur berdasarkan persentase dari total kekayaan bersih, miliarder paling dermawan adalah manajer hedge fund terkenal, George Soros, yang telah menyumbangkan 64 persen kekayaan yang dimiliki.

Secara total, dari kekayaan bersih kolektif 3,2 triliun dollar AS para anggota The Forbes 400, setidaknya ada 171 miliar dollar AS disumbangkan melalui organisasi amal dan nirlaba.

Baca juga: Menurut Menko Airlangga, Ini Segudang Manfaat RUU Cipta Kerja untuk Rakyat

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X