Pertamina Akan Beri Diskon Pertalite Seharga Premium di Wilayah Ini

Kompas.com - 05/10/2020, 15:16 WIB
SPBU Pertamina DOK PERTAMINASPBU Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) berencana memperluas jangkauan wilayah Program Langit Biru.

Program pemberian diskon pembelian BBM jenis Pertalite menjadi seharga Premium atau Rp 6.450, itu dilakukan untuk mendorong minat masyarakat menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Mas'ud Khamid mengatakan, saat ini program tersebut baru dilaksanakan di Provinsi Bali dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Baca juga: Pertamina Buka Peluang Diskon Harga Pertalite Diperluas ke Daerah Lain

Rencananya, kota atau kabupaten yang berada di Pulau Jawa akan menjadi target utama perluasan program diskon Pertalite tersebut.

"Kami akan masuk seluruh Jawa, jadi Jawa-Bali akan kami geber dulu," ujarnya dalam gelaran Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Senin (5/10/2020).

Lebih lanjut Mas'ud menjelaskan, pihaknya memiliki 2 kriteria utama dalam penentuan prioritas wilayah yang akan diterapkan Program Langit Biru.

Kriteria pertama, Mas'ud menyebutkan, wilayah tersebut harus memiliki masyarakat dengan daya beli BBM berkualitas tinggi.

"Yang kedua konsumsi Premium di kota tersebut masih sangat tinggi. Segmen ini yang kami bidik," katanya.

Baca juga: Pemerintah akan Lakukan Peralihan dari Premium ke Pertalite secara Bertahap

Setelah Pulau Jawa dan Bali, Pertamina juga akan membidik Pulau Sumatera untuk mendorong transisi penggunaan Premium ke BBM yang lebih ramah lingkungan. 

"Yaitu Sumbar, Palembang, dan seterusnya," ujar Mas'ud.

Lalu, seperti halnya yang dilaksanakan di Bali dan Tangsel, program diskon Pertalite hanya akan dapat dinikmati oleh kendaraan jenis, sepeda motor, angkutan umum dengan plat kuning, dan taksi dengan plat kuning.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X