Penyaluran Premium Diperkirakan Tidak Capai Target Tahun Ini

Kompas.com - 05/10/2020, 18:57 WIB
Ilustrasi SPBU KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi SPBU
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan masih akan tetap menyalurkan BBM jenis Premium. Namun, hingga akhir tahun ini penyaluran BBM penugasan pemerintah tersebut diproyeksi akan meleset dari target yang telah dicanangkan.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Mas'ud Khamid melaporkan, sejak awal tahun hingga September 2020, penyaluran BBM jenis Premium baru mencapai 6,7 juta kilo liter (KL).

Realisasi tersebut masih di bawah dari target penyaluran Premium sepanjang 2020, yakni sebesar 11 juta KL.

"Di tahun 2020, year to date (sejak awal tahun hingga) September, dari 11 juta KL, Alhamdulillah kami bisa mengelola di 6,7 juta KL," ujarnya dalam gelaran Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Senin (5/10/2020).

Baca juga: Baleg DPR: RUU Cipta Kerja, Digarap Siang-Malam hingga Akhir Pekan

Lebih lanjut, Mas'ud meyakini, penyaluran Premium akan meleset dari kuota yang telah dipatok. Sampai dengan akhir tahun, penyaluran Premium diproyeksi hanya mencapai 8,7 juta KL.

Dengan proyeksi tersebut, maka realisasi penyaluran Premium akan lebih rendah 21 persen dari target yang dicanangkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal pada tahun lalu, realisasi penyaluran Premium mencapai 11,6 juta KL atau 5 persen lebih besar dari kuota yang disiapkan, yakni 11 juta KL.

"Ini karena di pertengahan tahun 2018 ada penugasan Jamali, kami harus membuka 571 outlet Premium baru, dan outlet baru yang kami buka ini berasal dari kami mematikan outletnya Pertamax," kata Mas'ud.

Sebagai informasi, penyaluran Premium juga sempat meleset dari kuota yang ditetapkan, yaitu pada 2018. Pada tahun tersebut, realisasi penyaluran mencapai 10,8 juta KL lebih rendah 9 persen dari target yang dicanangkan, yakni 11,8 juta KL.

Baca juga: Dirut Bio Farma Tepis Anggapan Industri Farmasi Selalu Untung Saat Pandemi, Ini Alasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.