Menkop UKM Minta Perguruan Tinggi Dirikan Laboratorium Kewirausahaan

Kompas.com - 05/10/2020, 19:57 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki saat mengunjungi Grand Smesco Hills, Jumat (31/7/2020). DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKMMenteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki saat mengunjungi Grand Smesco Hills, Jumat (31/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk membangun jiwa wirausaha mahasiswanya.

Menurut Teten, perguruan tinggi tidak hanya berkewajiban menyediakan tenaga terdidik dan terampil untuk dunia usaha, tetapi juga menghasilkan para pengusaha muda.

“Dengan cara menjadikan entrepreneurship sebagai program studi kewirausahaan, juga mendirikan laboratorium atau inkubator kewirausahaan,” ujarnya mengutip siaran resminya, Senin (5/10/2020).

Menurut dia, saat ini rasio wirausaha di Indonesia baru sekitar 3,47 persen berdasarkan data Kemenkop UKM tahun 2018. Rasio tersebut dinilai sangat rendah bila dibandingkan dengan sesama negara ASEAN, seperti Singapura yang mencapai 8,76 persen, Thailand mencapai 4,26 persen, serta Malaysia yang mencapai 4,74 persen.

Baca juga: Kemenkop UKM Gulirkan Program Magang untuk Cetak Wirausaha Baru

“Di sisi lain, mayoritas orang Indonesia masih cenderung berpihak pada financial security atau hidup aman. Padahal Profesor Kirzner menyampaikan, jika suatu negara ingin maju, jumlah entrepreneur-nya harus banyak. Entrepreneurship is the driving force behind economic growth,” ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya berkelanjutan untuk mendukung peningkatan kewirausahaan melalui berbagai pelatihan kewirausahaan dan juga vokasi, terutama pada pelatihan yang menyentuh teknologi dan digitalisasi, kemitraan, dan juga pendampingan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X