Bos Garuda: Bisnis Kargo Cukup Menarik Saat Pandemi

Kompas.com - 06/10/2020, 12:56 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra, mengaku memanfaatkan penerbangan kargo sebagai peluang di tengah pandemi Covid-19.

Saat efisiensi hingga penawaran pensiun dini untuk beberapa karyawan digulirkan, penerbangan kargo masih mampu jadi bisnis yang menarik selama pandemi Covid-19.

"Yang cukup menarik dari pandemi adalah sebuah bisnis yang kita sebut bisnis kargo. Enggak perlu rapid test, enggak perlu PCR. Kita beroperasi di situ," kata Irfan dalam pembukaan acara Indonesia Knowledge Forum (IKF), Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Penentu Keberhasilan Air Minum Dalam Kemasan di Pasar

Irfan menuturkan, sejak awal pandemi Garuda telah mengaktifkan penerbangan kargo dengan membawa alat-alat medis yang diimpor dari China. Kemudian pada 23 September lalu, pihaknya mengoperasikan penerbangan kargo dari Manado, Sulawesi Utara, ke Bandara Narita, Jepang.

Perseroan sendiri telah mendapat izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk meletakkan barang yang di kirim di atas kursi penumpang.

Ada berat barang yang ditentukan, yakni 1 kursi pesawat maksimal 70 kilogram, atau 210 kilogram untuk 3 kursi pesawat.

"Potensi sumber daya ikan dan hasil bumi (di Sulut) sangat tinggi. Kalau ekspor dari Jakarta ada keterbatasan. Kita bisa bawa sampai 35 ton, terbang seminggu sekali. Apabila dibutuhkan lebih banyak, kami terbuka untuk menambah frekuensi," ungkap Irfan.

Baca juga: Kawal Proses Tender, Pertamina Bentuk Tim Satgas

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X