Dahlan Iskan: Dikira dengan UU Cipta Kerja Tenaga Kerja Akan Manggut-manggut...

Kompas.com - 06/10/2020, 18:00 WIB
Dahlan Iskan TRIBUNNEWS/HERUDINDahlan Iskan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan turut buka suara terkait diresmikannya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja oleh DPR pada Senin (5/10/2020).

Dahlan menilai seharusnya pemerintah lebih terbuka terkait tujuan apa yang akan dicapai melalui kebijakan yang dirumuskan.

Sebab kata dia, dengan adanya upaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi, diyakini tenaga kerja akan menjadi yang paling terdampak.

"Karena itu judul UU ini pun sebenarnya sudah dipilih yang paling bersahabat dengan tenaga kerja, UU Cipta Kerja. Dikira dengan judul itu (UU Cipta Kerja) tenaga kerja akan manggut-manggut dan berdecak kagum," ujarnya melalui website disway.id, dikutip Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Menaker: Penyusunan UU Cipta Kerja Libatkan Partisipasi Organisasi Buruh Internasional

Meski begitu, Dahlan mengaku kagum dengan cara berpolitik Presiden Joko Widodo beserta jajaran kabinet-nya.

"Pemerintah sekarang lebih kuat dari zaman Presiden Gus Dur, Megawati, SBY, apalagi BJ. Habibie,"

Pria yang juga sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) itu menilai pemerintah saat ini mampu menyatukan suara dengan para anggota DPR RI.

"Mulai dari perubahan di KPK, UU Covid-19, dan terakhir Omnibus Law ini. Semua begitu mulusnya lolos di DPR," kata Dahlan.

Lebih lanjut, Dahlan mengapresiasi upaya pemerintah dalam mengatasi tumpang tindih aturan guna menggenjot perekonomian melalui UU Cipta Kerja.

Baca juga: Menaker: Sangat Prematur Menyimpulkan UU Cipta Kerja Buat Pekerja Rentan PHK

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X