Survei: Anak Muda Punya Minat Tinggi untuk Memiliki Rumah Sendiri

Kompas.com - 07/10/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi rumah Dok. Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi muda semakin memiliki minat yang tinggi untuk memiliki rumah sendiri. Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan platform jual beli properti, Rumah.com.

Berdasarkan hasil Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2020, anak muda Indonesia saat ini memiliki minat yang lebih tinggi untuk memiliki rumah sendiri.

Dari lima kelompok usia yaitu 22-29 tahun, 30-39 tahun, 40-49 tahun, 50-59 tahun dan 60 tahun ke atas, kelompok anak muda usia 22-29 tahun memiliki intensi paling tinggi untuk memiliki rumah saat ini yang dinyatakan oleh 44 persen responden.

Baca juga: 4 Daerah yang Warganya Paling Banyak Membeli Rumah Baru

Adapun pada kelompok usia 30-39 tahun intensi memiliki rumah saat ini dinyatakan oleh 36 persen responden.

Data survei ini berdasarkan survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura. Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.007 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada Januari hingga Juni 2020.

Survei ini dilakukan oleh untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia.

Portal properti, media sosial, pameran properti, dan brosur masih menjadi sumber utama informasi tentang properti. Hal ini juga sejalan dengan hasil survei itu, di mana 79 persen responden mendapatkan informasi properti dari portal properti.

Baca juga: Gaji UMR Bisa Punya Rumah? Ini Caranya

Kemudian, 67 persen responden lainnya mengetahui dari media sosial, 63 persen responden melihat pameran properti, dan 62 persen responden membaca dari brosur.

KPR Syariah pun sedang menjadi tren di masyarakat seperti terlihat dari hasil survei tersebut, di mana terjadi kenaikan preferensi konsumen untuk memilih KPR Syariah menjadi 35 persen responden pada semester II dari sebelumnya 29 persen responden pada semester I 2020.

KPR Syariah menjadi preferensi konsumen dengan alasan utama adalah karena adanya kepastian besaran cicilan bulanan (fixed rate) yang dinyatakan oleh 74 persen responden.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X