Permata Bank Mulai Integrasi dengan Bangkok Bank untuk Perluas Portofolio Bisnis

Kompas.com - 07/10/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi Bank Permata KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi Bank Permata

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan persetujuan prinsip untuk rencana Integrasi Permata Bank dengan Bangkok Bank Kantor Cabang Indonesia. Realisasi rencana Integrasi tersebut ditargetkan akan diselesaikan pada Desember 2020.

Integrasi ini akan membuat Permata Bank memenuhi persyaratan regulasi untuk menjadi salah satu bank BUKU IV di Indonesia dengan total modal lebih dari Rp 30 triliun dan rasio modal lebih dari 30 persen.

Persetujuan prinsip tersebut juga merupakan rangkaian rencana akuisisi 89,12 persen kepemilikan saham Permata Bank oleh Bangkok Bank Public Company Limited yang diselesaikan pada 20 Mei 2020.

Baca juga: Astra Lego Bank Permata, Untuk Apa Dana Hasil Penjualannya?

Penyelesaian rencana Integrasi akan ditandai dengan pengalihan aset berkualitas baik dan liabilitas tertentu Bangkok Bank Kantor Cabang Indonesia secara hukum kepada Permata Bank.

Selanjutnya akan dilakukan pencabutan izin usaha Bangkok Bank Kantor Cabang Indonesia dalam waktu dua tahun sejak tanggal efektif Integrasi.

Direktur Utama Permata Bank, Ridha D.M. Wirakusumah mengatakan, integrasi ini menandai tonggak baru perseroan bisa menjadi pemain utama di industri perbankan Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami menantikan waktu untuk dapat membandingkan dan mempelajari praktik terbaik Bangkok Bank dalam membangun hubungan baik yang saling percaya, kuat serta dekat dengan para nasabahnya yang telah berjalan selama bertahun-tahun,” kata Ridha melalui siaran media, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Sah, Bangkok Bank Resmi Akuisisi Bank Permata

Sementara itu, Presiden Bangkok Bank dan Komisaris Utama Permata Bank Chartsiri Sophonpanich mengatakan, integrasi diharapkan dapat menggabungan Bangkok Bank Indonesia dengan Permata Bank menjadi satu tim yang solid.

“Kemitraan strategis untuk pertumbuhan ini tidak hanya baik untuk Bangkok Bank dan Permata Bank, tapi juga dalam mendukung perekonomian Indonesia untuk membuka kesempatan dalam integrasi keuangan ASEAN yang tengah berjalan,” jelas Chartsiri.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.