Kompas.com - 07/10/2020, 17:32 WIB
Keramaian pengunjung yang memakai masker terlihat di pusat perbelanjaan VivoCity, Singapura, Sabtu siang (12/09/2020) KOMPAS.com/ ERICSSEN Keramaian pengunjung yang memakai masker terlihat di pusat perbelanjaan VivoCity, Singapura, Sabtu siang (12/09/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak mewabahnya pandemi Covid-19 tidak hanya memukul sektor usaha di bidang tekstil, usaha fesyen, kuliner hingga bidang usaha lainnya.

Tetapi industri MICE atau industri pameran juga terdampak akibat ditutupnya hampir seluruh tempat-tempat wisata di berbagai negara.

Asisten Manager Singapore Tourism Board (STB) Johannes Stevano Rahardjo mengatakan di Singapura, ada sebanyak 234 acara MICE atau pameran yang harus ditunda lantaran adanya pandemi.

Baca juga: Industri MICE Diprediksi Rugi hingga Rp 7 Triliun Akibat Covid-19

"Padahal setiap tahunnya ada 500-700 acara MICE yang diadakan di Singapura dengan mendatangkan pengunjung internasional sekitar 400.000 pengunjung. Tapi sejak pandemi ini ada 234 acara yang harus ditunda," ujarnya dalam diskusi webinar MICE, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia industri ini bisa kembali pulih diperkirakan pada kuartal pertama di tahun 2021, namun dengan syarat para peserta pameran wisata harus menjalankan protokol kesehatan ketika melakukan perjalanan. "Proses pemulihan industri ini juga berproses, tidak serta merta langsung berubah. Pemulihan diawali dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan yang ketat juga," ucapnya.

Selain itu dari sisi kerugian, Singapura juga mengalami kerugian hingga 587 juta dollar Singapura.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk sekarang ini, lanjut dia, industri MICE juga mulai menunjukkan adanya perubahan yang bergeser dengan memanfaatkan model digitalisasi atau Hybrid Event.

Baca juga: Pemerintah Singapura Bagi-bagi Voucher Wisata untuk Warganya

Dia menjelaskan konsep Hybrid Event ini merupakan kombinasi antara vitual event dengan fisik event. Konsep ini pun diperkirakan akan menjadi norma baru di masa depan, karena adanya pembatasan perjalanan sembari adanya kemajuan teknologi.

Pihaknya pun optimistis industri MICE ke depan bisa cepat pulih sehingga bisa membuat ekonomi kembali positif.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.