Menkop Teten: UU Cipta Kerja Buat UMKM Menyerap Lapangan Kerja Lebih Besar

Kompas.com - 07/10/2020, 21:47 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dok KEMENTERIAN KUKMMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan dengan adanya Undang-undang Cipta Kerja bisa memberikan dampak yang positif khusunya bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dengan adanya UU Cipta Kerja, maka nanti kemampuan UMKM menyerap lapangan kerja akan semakin besar. Bagi kami ini sangat positif," ujarnya dalam pressconference virtual, Rabu (7/10/2020).

Menurut dia, selama ini proses perizinan membuka usaha untuk UMKM selalu disamakan dengan usaha besar, sehingga ada kesulitan yang kerap sekali dirasakan oleh pelaku usaha mikro dalam membuat perizinan.

Baca juga: Luhut Klaim Omnibus Law UU Cipta Kerja Tak Merugikan Rakyat

Tetang mengatakan, dengan adanya UU ini bisa mempermudah para UMKM membuka usaha dengan melakukan pendaftaran melalui Online Single Submission (OSS).

"Kemitraan juga kita dorong, pengalaman di dalam negara dan banyak negara, UMKM yang tumbuh besar adalah yang bermitra dengan usaha besar. Sistemnya terintegrasi dengan industri besar," ucapnya.

Selain itu Teten juga mengatakan kemitraan pemerintah juga didorong untuk bisa mengakomodasi pengembangan bisnis UMKM seperti rest area, bandara, terminal dan tempat umum lainnya.

"Sekarang kita berikan ruang bagi UMKM kita untuk berjualan di tempat strategis," katanya.

Tak hanya itu, Teten menambahkan dengan adanya UU ini juga memberikan kemudahan bagi koperasi untuk mendirikan koperasi.

Apabila koperasi harus memiliki 20 orang anggota pada saat mendirikan, kini lewat UU Cipta Kerja, anggota pendiri koperasi cukup hanya 9 orang saja.

Baca juga: UU Cipta Kerja Buka Peluang Dongkrak Investasi Asing di Sektor Pertanian



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X