Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Wirausaha Milenial, Telkom Bersama Rumah BUMN Buka Program Kelas Mentoring

Kompas.com - 08/10/2020, 10:33 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka program kelas mentoring atau inkubasi bisnis.

Adapun tujuan pembukaan itu untuk mendukung pengembangan para pelaku bisnis lokal, khususnya wirausaha milenial.

“Program seperti ini sangat kita butuhkan, terlebih Indonesia saat ini gencar meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi mikro,” ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara seperti pada keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (8/10/2020).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat melakukan wisuda 26 pebisnis milenial bersama Rumah BUMN Pekalongan, Rabu (30/9/2020).

Menurut Edi, program ini berpengaruh besar dalam perputaran ekonomi di Indonesia, termasuk untuk mengajak pebisnis di kalangan milenial.

Baca juga: Telkom Pastikan Jaringan IndiHome Tidak Terganggu Kabel Laut yang Putus

“Terlebih di tengah pandemi Covid-19, kita harus bersama-sama berjuang. Istilahnya growing together #GakNyerah #AyoBerubah. Saya yakin dengan kebersamaan yang kuat, kita pasti akan segera keluar dari krisis yang ada,” ungkap Edi.

Meskipun ini adalah yang pertama kali dilakukan, Telkom berharap program tersebut akan berlanjut melalui Rumah BUMN dari Sabang hingga Merauke.

Pada kesempatan itu, salah satu peserta kelas mentoring asal Pekalongan, Muhammad Farhan mengaku sangat terbantu dengan adanya kelas inkubasi bisnis tersebut.

Pasalnya dengan mengikuti kelas ini bisa mengembangkan pemikirannya untuk memecahkan masalah dari problematika dunia bisnis.

Baca juga: Dukung Penggunaan Produk dalam Negeri, Telkom Jembatani Perusahaan Teknologi dan Manufaktur Lokal

“Aplikasi-aplikasi milik Telkom seperti Bonum dan Qren yang diberikan juga sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis. Bahkan, saya sempat meluncurkan produk baru berkat pembelajaran yang ada,” ujar Farhan.

Sebelumnya, para peserta wisudawan tersebut telah mengikuti kelas mentoring “Saatnya Millenial Jadi Bossmuda” batch #1 sejak 4 September 2020.

Para wirausahawan muda dibina oleh mentor dari Rumah BUMN Telkom dan Owner Pande Rasa selaku pelaku usaha Pekalongan yang sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam kelas mentoring, Telkom menyediakan delapan modul mentoring, diantaranya cara mengenali segmen dan target pasar, bagaimana menangani masalah, serta memberikan solusi.

Baca juga: Telkom Dukung Penuh Pertamina Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

Modul lainnya adalah pengembangan keunikan, kekuatan produk, pengukuran key metric untuk menjamin bisnis agar sustainable atau berkelanjutan dalam jangka panjang.

Selain itu, mereka turut dibekali strategi menjaring investor atau pemodal, sehingga pelaku bisnis muda ini dapat mengembangkan bisnisnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com