Tanggapi UU Cipta Kerja, Bank Asing: Pengesahan Itu Langkah yang Tepat

Kompas.com - 08/10/2020, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya bank-bank nasional, perbankan asing yang beroperasi di Indonesia turut menyambut baik pengesahan UU omnibus law Cipta Kerja.

Corporate Banking Director PT Bank DBS Indonesia, Kunardy Lie mengatakan, pengesahan omnibus law merupakan langkah yang tepat untuk menjaring investasi masuk ke RI.

Menurut dia, hal ini bisa membantu Indonesia bersaing dengan negara lain dalam menggaet investor luar negeri dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Saya lihat (pengesahan) suatu langkah yang tepat. Tujuan salah satunya adalah untuk mempermudah investasi di Indonesia, meningkatkan lapangan kerja, dan sebagainya," kata Kunardy dalam Group Interview secara virtual, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Sambut Baik UU Cipta Kerja, Bankir: Semakin Banyak Bisnis, Semakin Banyak Pembiayaan

Kunardy menuturkan, Indonesia sebagai negara dengan bonus demografi, punya kesempatan emas dalam memajukan pasar tenaga kerja.

Masuknya investor secara tidak langsung membuka peluang tenaga kerja untuk bersaing dengan negara lain dari sisi prestasi dan keahlian (skill).

"Itu saya rasa memiliki peran menuju arah yang benar untuk kemajuan negara kita. Indonesia punya pasar yang besar, karena itu kita harus me-leverage pasar yang besar ini jangan hanya sebagai pemakai, tapi harus menciptakan value added (nilai tambah)," ucap dia.

Sebelumnya, perbankan nasional juga menyambut baik pengesahan UU Cipta Kerja. Direktur Utama PT Perusahaan Bank Negara Tbk (BTN) sekaligus Wakil Ketua Perbanas, Pahala Nugraha Mansury mengatakan, UU Cipta Kerja akan berdampak positif bagi dunia perbankan.

UU yang disinyalir akan menarik investasi ini membuat bank punya kesempatan lebar menyalurkan pembiayaan lebih banyak lagi. Sebab, akan banyak bisnis baru yang berkembang usai investasi ditanamkan.

"Semakin banyak bisnis, semakin banyak juga yang kita biayai," kata Pahala dalam konferensi video Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BTN dengan Koinworks, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Pandemi Covid-19, Bank Dunia: 115 Juta Orang Bakal Jatuh Miskin, Tertinggi Sejak 1998

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.