IPC Akuisisi 49 Persen Saham Multimedia Nusantara di ILCS

Kompas.com - 09/10/2020, 18:10 WIB
Wakil Direktur Utama IPC Hambra (kanan) IPCWakil Direktur Utama IPC Hambra (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC mengakuisisi 49 persen saham PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS) yang sebelumnya juga dimiliki oleh PT Multimedia Nusantara.

Akuisisi tersebut ditandai dengan penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) saham oleh Wakil Direktur Utama IPC, Hambra dan Direktur Utama PT Multimedia Nusantara, Niam Dzikri. Dengan akuisisi tersebut, maka saham ILCS sepenuhnya dimiliki oleh IPC.

“Dengan pengambilalihan saham ini, IPC memiliki hak penuh menentukan arah pengembangan dan berbagai kebijakan strategis PT ILCS," kata Wakil Direktur Utama IPC Hambra dalam keterangan tertulis, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Di Masa Pandemi, Transaksi Digital Naik dan Dibarengi Naiknya Kejahatan

Hambra menyebutkan, akuisisi tersebut akan mendorong PT ILCS bertransformasi menjadi integrator digitalisasi pelabuhan dan logistik, yang diharapkan bisa tercapai dalam empat tahun ke depan.

PT ILCS merupakan satu dari 17 anak perusahaan IPC yang berdiri sejak September 2012. Sebagai penyedia solusi teknologi informasi di IPC Group, PT ILCS telah mengembangkan berbagai aplikasi digital seaport, payment solution, dan SCM solution.

PT ILCS juga terus berupaya untuk meningkatkan implementasi teknologi informasi, dan komunikasi di pelabuhan. Kedepannya, IPC berencana menggabungkan dua anak perusahaannya, yakni PT ILCS dan PT EDII (Electronic Data Interchange Indonesia) di bidang sistem informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IPC akan mengubah model bisnis PT ILCS dari yang sebelumnya sebagai penyedia layanan berdasarkan proyek (project based), menjadi penyedia layanan yang berorientasi produk, dengan target pendapatan berulang.

“Saya optimis transformasi PT ILCS akan mempercepat akselerasi digitalisasi pelabuhan dan logistik, yang bermuara pada efisiensi biaya logistik nasional,” tutup Hambra.

Baca juga: Pemerintah Dapat Setoran Pajak Rp 97 Miliar dari 6 Perusahaan Digital Asing



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.