Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Suspensi Saham BAJA, Ini Sebabnya

Kompas.com - 10/10/2020, 10:10 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya menghentikan sementara perdagangan saham PT Saranacentral Bajatama Tbk (BAJA) di Pasar Reguler dan Pasar Tunai. Suspensi ini berlaku mulai pekan depan.

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada Saham PT Saranacentral Bajatama Tbk (BAJA).Dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham BAJA, pada perdagangan tanggal 12 Oktober 2020," sebut BEI dalam pengumumannya yang dikutip, Sabtu (10/10/2020).

Dengan suspensi ini diharapkan dapat memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham BAJA.

Baca juga: Saham KPAS dan ENZO Masuk Pengawasan Bursa

Sebelumnya BAJA sudah masuk dalam pengawasan BEI karena terjadinya peningkatan harga saham yang tidak wajar (Unusual Market Activity) selama dua hari dalam sepekan ini.

BAJA mengalami peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada Selasa (6/10/2020) dan Rabu (7/10/2020), masing–masing 35 persen pada level Rp 81 per saham dan 34,57 persen pada level Rp 109 per saham.

Sementara pada penutupan perdagangan Jumat (9/10/2020), BAJA mengalami kenaikan 25,49 persen pada level Rp 218 per saham.

BEI mengimbau bagi para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan.

Baca juga: Saham BAJA dan KAYU Masuk Pengawasan Bursa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com