Mengintip Bisnis Kopi di Tengah Pandemi, Menggeliat?

Kompas.com - 12/10/2020, 12:37 WIB
Ilustrasi kopi. shutterstock.com/alpha7dIlustrasi kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum kopi kini menjadi salah satu rutinitas yang tak bisa dilewatkan banyak orang. 

Apabila dulu meminum kopi lazimnya hanya di pagi hari, namun saat ini kopi bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. 

Peminumnya pun bukan lagi dari kalangan orang tua, namun juga anak muda. Kopi pun menjadi minuman favorit mereka, seiring menjamurnya kafe dan warung kopi kekinian yang menawarkan beragam rasa dan varian kopi. 

Baca juga: Indonesia Ekspor 16,65 Ton Kopi ke Australia Senilai Rp 1,34 Miliar

Lalu, bagaimana bisnis kopi di tengah pandemi virus corona? 

Chief Executive Officer Jago Coffee Yoshua Tanu menyatakan, sebenarnya bisnis kopi masih bergeliat walaupun ada pandemi. Sebab, menurut dia, saat ini kopi adalah produk yang sudah pasti dibutuhkan orang selain air mineral.

"Coba kita lihat sekarang, siapa sih yang enggak suka kopi, memang ada beberapa tapi mayoritasnya pada suka kopi. Kopi itu pasti dibutuhkan orang lain selain air mineral, nongkrong aja jarang yang memesan air mineral, tapi kopi yang dipesan," ujar Yoshua saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Menurut dia, sekalipun ada pandemi dan penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH) tidak membuat keinginan minum kopi menjadi surut.

Adanya inovasi baru dari para pengusaha industri kopi yang membuat konsep kemasan literan, membuat para konsumen merasa terbantu.

Baca juga: Cari Penghasilan? Startup Bisnis Kopi Keliling Ini Buka Lowongan

Pun dengan perusahaan miliknya. 

"Sekalipun ada WFH kopi tidak tertinggal, justru selama WFH orang mengandalkan tenaga dan energi yang lebih lagi. Orang kalau stres ada yang suka ngopi dulu kan baru dapat ide atau semangat baru," jelas Yoshua. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X