Mau Investasi ORI018? Simak Lagi Cara Belinya

Kompas.com - 12/10/2020, 19:03 WIB
ilustrasi investasi FREEPIK/JCOMPilustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah melangsungkan masa penawaran obligasi negara ritel (ORI) seri 018 hingga 21 Oktober 2020 mendatang.

ORI018 ini menawarkan imbal hasil (yield) 5,7 persen per tahun. Kupon pun bakal dibayarkan tiap bulan. Pembayaran kupon pertama bakal berlangsung pada 15 Desember 2020, dan jatuh tempo ORI018 pada tanggal 15 Oktober 2023.

Berinvestasi di ORI018 ini disebut-sebut sangat menguntungkan. Utamanya saat resesi dan bunga obligasi lebih kecil dibanding kupon ORI018. Apalagi, minimal pembelian sangat terjangkau, yakni Rp 1 juta.

Baca juga: Investasi ORI018, Cek Keuntungannya

Bagi yang ingin membelinya, ada 4 langkah yang perlu dilakukan. Kepala Seksi Perencanaan Transaksi Surat Utang Negara dan Derivatif, Direktorat SUN DJPPR Kemenkeu, Herman Sary Tua mengatakan, langkahnya sangat mudah.

Pertama, calon pembeli memerlukan nomor Single Investor Identification (SID), rekening surat berharga, dan rekening dana. Tak lupa, sertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Pendaftaran online disediakan oleh mitra distribusi kami, silakan hubungi mitra distribusi. Pendaftarannya sangat mudah," kata Herman dalam webinar ORI018, Senin (12/10/2020).

Adapun mitra distribusi ORI018 terdiri dari 16 bank, 4 perusahaan efek, 3 perusahaan fintech P2P lending, dan 3 perusahaan efek khusus.

Mitra distribusi tersebut, antara lain, Bank BNI, Bank Mandiri, Maybank, UOB, Bank Victoria, Bank BRI, Bank DBS, Bank BCA, HSBC, Panin Bank, Bank Danamon, Permata Bank, Bank BTN, CIMB Niaga, OCBC Nisp, dan Commonwealth Bank.

"Lalu ada Trimegah Sekuritas, Bahana Sekuritas, Danareksa, Mandiri Sekuritas, Investree, Koinworks, Modalku, Tanam Duit, dan Bareksa," ungkap Herman.

Baca juga: Penawaran ORI018 Dibuka, Investasi Mulai Rp 1 Juta

Selanjutnya, pembeli bisa melakukan pemesanan setelah registrasi dengan mitra distribusi berhasil.

Caranya, cukup buka portal online mitra distribusi yang kamu pilih, baca ketentuannya, cantumkan SID, rekening dana, dan rekening efekmu, kemudian pilih nominal yang akan kamu beli.

Dari situ, calon pembeli akan mendapat kode billing. Selanjutnya, calon pembeli melakukan pembayaran

"Nanti akan ada konfirmasi kepemilikan ORO018 setelah masa penawaran selesai. Masa penawaran sampai 21 Oktober 2020," ungkapnya.

Mudah, bukan?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X