Virus Corona Baru Bisa Bertahan Lama di Uang Kertas, Ini Kata BI

Kompas.com - 13/10/2020, 06:34 WIB
Ilustrasi uang kertas Rp 100.000 RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi uang kertas Rp 100.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Penelitian oleh laboratorium biosekuriti top Australia mengungkap, virus Covid-19 baru dapat tetap menular selama berminggu-minggu pada uang kertas, kaca, dan permukaan barang lainnya.

Ilmuwan di Pusat Kesiapsiagaan Penyakit Australia mengatakan, virus corona baru ini sangat kuat, mampu bertahan selama 28 hari pada permukaan yang halus seperti layar ponsel dan uang kertas dalam suhu 20° celcius.

Menanggapi hal itu, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan, penelitian yang dilakukan di Australia memiliki jenis kertas yang berbeda dengan yang digunakan di Indonesia.

Baca juga: Rupa-rupa Uang Kertas yang Beredar di Era Penjajahan Jepang

"Penelitian yg dilakukan di Australia terhadap uang kertas polimer. Uang kertas yang diedarkan di Indonesia menggunakan kertas uang berserat kapas (cotton paper)," kata Marlison kepada Kompas.com, Selasa (13/10/2020).

Adapun untuk mencegah penularan Covid-19 melalui uang, BI telah melakukan beberapa langkah. Marlison menyebut, setidaknya ada 7 langkah yang dilakukan.

Langkah pertama adalah melakukan karantina terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan selama 7 hari. Selanjutnya, memberikan disinfektan secara rutin dan berkala terhadap seluruh infrastruktur pengolahan uang dan layanan kas.

Lalu, pihaknya mewajibkan penggunaan APD seperti masker dan sarung tangan kepada petugas yang mengolah uang. Selain itu, BI membuat partisi di layanan kas untuk meminimalisir kontak antara petugas BI dengan pihak eksternal yang dilayani.

Kemudian, mewajibkan pihak eksternal yang melakukan kegiatan ke BI adalah orang yang bebas virus dibuktikan dengan hasil rapid test.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk menjaga higienitas dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer setelah memegang uang," pungkasnya.

Baca juga: Virus Corona Bisa Bertahan di Uang Kertas hingga 4 Minggu?

Sebelumnya diberitakan, Penelitian oleh laboratorium biosekuriti top Australia mengungkap, virus Covid-19 baru dapat tetap menular selama berminggu-minggu pada uang kertas, kaca, dan permukaan barang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X