Daftar Lengkap Hotel di Jatim untuk Menginap Pasien Isolasi Mandiri

Kompas.com - 13/10/2020, 09:21 WIB
Kamar hotel di Amaris Hotel Citra Raya Tangerang Dok. Santika Indonesia Hotels and ResortsKamar hotel di Amaris Hotel Citra Raya Tangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah yang bekerja sama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) merilis 16 hotel yang bisa digunakan sebagai isolasi mandiri pasien virus corona ( Covid-19) di Jawa Timur ( Jatim).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang juga menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pihaknya menyiapkan kamar hotel yang biayanya ditanggung pemerintah.

Hotel yang disiapkan adalah hotel dengan kategori bintang 2 dan bintang 3. Hal ini dilakukan untuk menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit untuk percepatan penanganan Covid-19.

Ia menuturkan, penanganan Covid-19 per 12 Oktober 2020, rata-rata persentase kasus Covid-19 aktif sudah 19,97 persen membaik dibanding dengan beberapa bulan lalu yang sempat berada di angka 22,1 persen.

Baca juga: Hotel Gratis untuk Isolasi Mandiri, Biaya Ditanggung Pemerintah

Sedangkan recovery rate pada data tanggal 11 Oktober 2020 menunjukkan peningkatan mencapai 76,48 persen lebih tinggi dari bulan sebelumnya 75 persen akibat menurun kasus aktif di beberapa provinsi.

Berikut daftar 16 hotel yang disiapkan pemerintah untuk menginap pasien Covid-19 dengan status OTG atau tanpa gejala dikutip dari Covid19.go.id

  1. Ibis Styles Surabaya Jemursari
  2. Kokoon Hotel Surabaya
  3. Pesona Ampel
  4. Aria Centra
  5. Hotel Kita
  6. DPT 33 Budget Hotel
  7. Hotel Majapahit
  8. Fairfield by Marriot
  9. Merccure Grand Mirama
  10. Harris Gubeng
  11. POP Gubeng
  12. Novotel Ngagel
  13. Oakwood Surabaya
  14. The Square Hotel
  15. Great Diponegoro Hotel
  16. WN Hotel

Untuk alamat lengkap masing-masing hotel bisa dilihat di sini. 

Sementara itu, Menurut Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, terkait hotel isolasi mandiri yang disiapkan pemerintah pusat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Doni menjelaskan di Jakarta ada lima hotel yang terpakai.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap 32 Hotel Gratis di Jakarta untuk Isolasi Mandiri

Di daerah lain seperti Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Bali, dan Sulawesi Selatan juga ada. Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dari awal sudah memanfaatkan hotel untuk fasilitas isolasi mandiri bagi masyarakat.

"Begitu juga dengan kota lainnya. Hanya belum seluruh hotel yang disiapkan itu terpenuhi karena kondisi di lapangan tidak sebanyak yang diperhitungkan sebelumnya," papar Doni Monardo dikutip dari laman resmi Covid19.go.id.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X