Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Frekuensi Penerbangan Masih Rendah, Pasokan Avtur Aman?

Kompas.com - 13/10/2020, 13:39 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan pesawat terus mengalami pertumbuhan sejak berbagai aktifitas perekonomian mulai dibuka kembali.

Namun, jika dibandingkan tahun lalu, frekuensi penerbangan masih lebih rendah. Misal saja di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, Eko Kristiawan, mengatakan, frekuensi penerbangan di Cengkareng mengalami penurunan hingga kurang lebih 45 persen dibandingkan tahun 2019 karena pandemi Covid-19 sejak Maret.

Baca juga: Mau Traveling? Simak Promo Penerbangan dan Penginapan

Akibatnya, konsumsi bahan bakar pesawat, Avtur, tercatat masih rendah dibanding tahun lalu.

"Konsumsi Avtur saat ini masih rendah karena pandemi covid membatasi minat perjalanan dengan pesawat udara serta penutupan penerbangan internasional," kata Eko dalam keterangan tertulis, Selasa (13/10/2020).

Kendati demikian, Eko memastikan kesiapan stok serta sarana dan fasilitas (sarfas) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU).

Ia menjelaskan, pasokan Avtur di Soekarno-Hatta diperoleh dari Refinery Unit II Dumai dan Refinery Unit IV Cilacap.

Dengan moda distribusi jalur laut, Avtur diterima di DPPU dan dialirkan ke terminal 1, 2 dan 3 di Soekarno-Hatta melalui jalur pipa.

"Namun kami memastikan pasokan avtur tetap berjalan dan siap memenuhi kebutuhan jika sewaktu-waktu kondisi permintaan kembali normal," ucapnya.

Baca juga: Curhat Bos Garuda: Kami Mengalami Kondisi yang Paling Buruk dalam Sejarah Penerbangan...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com