Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inklusi Keuangan, BRI Gandeng Fintech Salurkan Rp 30 Miliar untuk UMKM

Kompas.com - 13/10/2020, 14:08 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan salah satu perusahaan peer to peer lending, yaitu PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) untuk menyalurkan pembiayaan hingga sebesar Rp 30 miliar kepada para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Bentuk kerja sama ini menjadi salah satu wujud kolaborasi antara perbankan dengan industri teknologi finansial, khususnya peer to peer lending.

Co-funder Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin mengatakan, pihaknya sangat senang dengan adanya kolaborasi ini.

Baca juga: Fintech Bisa Bantu Dongkrak Inklusi Keuangan dan Pemulihan Ekonomi

Sebab, kerja sama ini sejalan dengan misi perusahaannya dan misi yang dimiliki oleh BRI, yaitu melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami sangatlah beruntung bisa mendapat kepercayaan dari BRI sebagai bank ternama di Indonesia. Kami berharap kerjasama ini bisa mengakselerasi inklusi keuangan, terutama mendukung para pelaku UMKM dalam menghadapi situasi pandemi,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (13/10/2020).

Menurut dia, dengan adanya kerja sama ini juga akan memperkuat pembiayaan untuk UMKM yang mengajukan pinjaman di Modal Rakyat.

Adapun penyaluran dana ini, kata dia, akan difokuskan bagi sektor usaha kecil dan menengah dengan nilai penyaluran rata-rata Rp 250 juta.

Baca juga: Soal Penawaran Fintech via SMS, OJK Gandeng Operator Seluler

BRI dan Modal Rakyat berharap kerjasama ini menjadi salah satu bentuk gotong-royong untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Ke depan sinergi masih diperlukan, tidak hanya dari sektor perbankan dan industri teknologi finansial, tetapi dari semua instansi, lembaga, dan masyarakat dapat terlibat aktif untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

“Tidak hanya kolaborasi dan kerja sama antar industri, melainkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung perkembangan UMKM juga masih sangat diperlukan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com