Berkontribusi pada Teori Lelang, Dua Ekonom AS Raih Nobel Ekonomi 2020

Kompas.com - 13/10/2020, 16:03 WIB
Penerima Nobel EKonomi 2020, Paul Milgrom dan Robert Wilson Istimewa via alkhaleejtoday.coPenerima Nobel EKonomi 2020, Paul Milgrom dan Robert Wilson

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Dua ekonom Amerika Serikat (AS), Paul Milgrom dan Robert Wilson meraih Nobel Ekonomi 2020 atas kontribusi mereka pada teori lelang. Mereka diakui atas penemuan teoritis dalam meningkatkan cara kerja lelang.

Milgrom dan Wilson, keduanya adalah profesor di Universitas Stanford, California, yang menurut Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, bahkan mereka juga merancang desain lelang untuk barang dan jasa yang sulit dijual dengan cara tradisional, seperti frekuensi radio.

"Peraih Ilmu Ekonomi tahun ini memulai dengan teori fundamental dan kemudian menggunakan hasil mereka dalam aplikasi praktis, yang telah menyebar secara global. Penemuan mereka sangat bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Ketua Komite Hadiah Nobel Peter Fredriksson seperti dikutip CNN, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Penerima Nobel Ekonomi: Pajaki Orang Kaya, Berikan Uangnya ke Orang Miskin

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia menyatakan, para ekonom asal AS tersebut menemukan format baru untuk melelang banyak objek yang saling terkait, atas nama penjual yang termotivasi untuk berbuat baik bagi masyarakat daripada sekadar mencapai harga setinggi mungkin.

Pada tahun 1994, otoritas AS menjadi yang pertama menggunakan salah satu desain lelang mereka untuk menjual frekuensi radio ke operator telekomunikasi. Langkah ini pun pada akhirnya ditiru oleh banyak negara lain.

Lewat desain lelang frekuensi radio milik Milgrom dan Wilson tersebut, telah membantu memastikan bahwa para pembayar pajak mendapatkan keuntungan dari penjualan frekuensi radio yang dimiliki oleh pemerintah, tetapi sangat bernilai pula bagi operator jaringan seluler.

Penghargaan nobel di bidang ekonomi ini secara resmi dikenal sebagai Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences. Ini dibuat oleh Bank Sentral Swedia dan penghargaan telah diberikan sejak 1969 untuk mengenang industrialis Alfred Nobel.

Baca juga: Meneliti SD Inpres di Era Soeharto, Ekonom AS Ini Raih Nobel Ekonomi

Atas penghargaan tersebut, Milgrom dan Wilson akan berbagi hadiah uang senilai 10 juta krona Swedia atau 1,1 juta dollar AS, atau sekitar Rp 16,2 miliar.

Sebelumnya, pada tahun 2019, nobel ekonomi diberikan kepada Abhijit Banerjee, Esther Duflo dan Michael Kremer atas upaya mereka mengentaskan kemiskinan global.

Salah satu peraih nobel, Duflo merupakan profesor di Massachusetts Institute of Technology, AS. Ia menjadi penerima nobel termuda dan salah satu dari hanya dua wanita yang dianugerahi penghargaan tersebut.



Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X