Survei MarkPlus: Selama Pandemi, Frekuensi Masyarakat Berbelanja Produk Agroindustri Meningkat

Kompas.com - 13/10/2020, 17:34 WIB
Ilustrasi pengangkutan sayuran hasil panen yang menyebabkan banyak food loss Shutterstock/PIIlustrasi pengangkutan sayuran hasil panen yang menyebabkan banyak food loss

JAKARTA, KOMPAS.com - MarkPlus, Inc. melalui surveinya mencatat, semenjak adanya pandemi Covid-19, frekuensi masyarakat membeli produk agroindustri mengalami peningkatan.

Associate MarkPlus Chrestella Carissa mengatakan apabila sebelum adanya pandemi, mayoritas responden berbelanja produk agroindustri sebanyak 2-7 hari sekali. Namun sejak adanya pandemi ada 37 persen responden yang mengaku justru lebih sering membeli produk tersebut.

"Total transaksi belanja masyarakat untuk hasil agroindustri juga meningkat menjadi lebih dari Rp 500.000 per transaksi," ujarnya dalam webinar MarkPlus, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Meski Mahal, Kualitas Sayuran Indonesia Diakui di Jepang

Menurut dia, hal ini terjadi lantaran adanya tren memasak makanan di rumah untuk menjamin kualitas dan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Lebih lanjut Carrisa menyebutkan pasar tradisional merupakan tempat belanja favorit yang dipilih masyarakat sebelum pandemi. Namun sejak adanya pandemi, tempat berbelanja yang menjadi terfavorit itu adalah secara online alias daring.

Selain itu, dari survei tersebut, Carrisa mengatakan ada sebanyak 52 persen responden yang khawatir penjual dan produk yang dibeli akan terpapar virus Covid-19 jika mereka mengunjungi pasar tradisional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka tidak yakin apakah penjual terpapar Covid-19 dan ada juga yang takut apabila toko ramai," ucapnya.

Baca juga: Peluang Usaha di Tengah Pandemi, Penjualan Sayuran Online Melonjak

Untuk itu, lanjut Carrisa, perlu sekali bagi para produsen ataupun penjual produk bisa menjamin dan mengedukasi para konsumennya terkait kemananan proses produksi maupun penjualan produk yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu pemanfaatan teknologi digital juga perlu untuk dijaga.

Sebelumnya perlu diketahui dalam survei ini, MarkPlus melibatkan 100 responden di seluruh Indonesia dengan kelompok usia mayoritas di atas 35 tahun dengan dominasi jumlah pengeluaran sebesar Rp 3 juta sampai Rp 4,9 juta per bulan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.