Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Kegiatan Usaha Membaik di Kuartal III 2020, Bisa Tumbuh Positif pada Kuartal IV

Kompas.com - 14/10/2020, 10:46 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kegiatan usaha mulai membaik pada kuartal III 2020.

Hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada kuartal III 2020 sebesar -5,97 persen. Nilai SBT membaik dari -35,75 persen pada kuartal II 2020.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan, perbaikan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi.

Baca juga: Tanpa Bantuan Pemerintah, 42 Persen Pelaku Usaha Tak Mampu Bertahan Lebih dari 3 Bulan

Perbaikan pada sektor Industri Pengolahan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, sektor Pengangkutan & Komunikasi dan sektor Keuangan, Real Estate & Jasa Perusahaan didukung oleh penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di berbagai wilayah.

"Sementara itu, perbaikan pada sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan didukung oleh cuaca," kata Onny dalam siaran pers, Rabu (14/10/2020).

Sejalan dengan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada kuartal III 2020 lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

"Kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas juga menunjukkan perbaikan pada kuartal III 2020, dengan akses kredit yang membaik," papar Onny.

Baca juga: Ini Tips dari Sandiaga Uno untuk Mereka yang Ingin Merintis Usaha

Lebih lanjut responden memperkirakan, kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif pada kuartal IV 2020. Responden memproyeksi, SBT pada kuartal IV 2020 akan mampu tumbuh positif sebesar 2,12 persen.

Berdasarkan sektor ekonominya, peningkatan terjadi pada mayoritas sektor ekonomi, terutama sektor Keuangan, sektor Real Estate & Jasa Perusahaan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, dan sektor Pengangkutan & Komunikasi.

"Kegiatan usaha yang makin kuat pada kuartal IV 2020 sejalan dengan optimisme penerapan AKB yang dapat mendorong permintaan masyarakat," pungkas Onny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com