Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Milenial Ketika Mengelola Keuangan

Kompas.com - 14/10/2020, 16:18 WIB
Ilustrasi komitmen menabung SHUTTERSTOCK/WILLIAM POTTERIlustrasi komitmen menabung

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengelola keuangan memang bukanlah perkara yang mudah yang bisa dilakukan begitu saja, khususnya bagi kaum milenial.

Sering sekali kaum milenial keliru dalam mengelola keuangan. Mereka lebih senang mengalokasikan uangnya untuk kesenangan dan pengalaman, sehingga kerap tak menyisihkan uang untuk menabung dan berinvestasi.

Perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie membeberkan ada beragam kesalahan yang sering dilakukan oleh generasi milenial ketika mengelola keuangannya.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan dengan Aman di Tengah Risiko Resesi

"Pertama, milenial itu sering sekali rela berutang dan memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang tidak esensial, ketika dananya tidak cukup. Padahal dananya itu bisa ditabung dulu," ujarnya dalam jumpa pers virtual Tokopedia, Rabu (14/10/2020).

Dia mencontohkan, misalnya saja ketika penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang membuat webinar sering dilakukan, milenial memaksakan dirinya untuk membeli ring light untuk memberikan efek pencahayaan muka agar muka tidak kelihatan kusam.

Padahal, sejatinya, barang tersebut sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibeli.

Sementara itu, seharusnya dana yang tidak cukup tersebut bisa ditabung dulu daripada harus berutang.

Baca juga: Suami Pelit? Begini Seharusnya Istri Mengelola Keuangan

Kedua, tidak menyisihkan dana darurat. Prita menjelaskan banyak sekali generasi milenial yang mengira hidupnya aman-aman saja.

Hingga suatu saat, pandemi datang, semua menyadari bahwa keuangannya sedang tidak sehat.

"Justru selama pandemi ini orang baru merasa, ternyata keuangannya tidak sehat. Kita juga melihat, sekarang mereka yang memang bisa bernapas lega itu adalah mereka yang punya dana darurat," jelasnya.

Lalu yang ketiga adalah sering menunda investasi, karena bukan bagian dari prioritas milenial. Bagi mereka, kata Prita, lebih baik mengalokasikan dana khusus untuk liburan daripada untuk berinvestasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X