Ditopang Sentimen Dalam Negeri, Rupiah Sore Ini Ditutup Menguat Tipis

Kompas.com - 14/10/2020, 16:44 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot menguat pada Rabu (7/10/2020).

Mengutip data Bloomberg, rupiah sore ini ditutup pada level Rp 14.718 per dollar AS. Rupiah  menguat tipis 8 poin atau 0,05 persen dibanding penutupan sebelumnya pada level Rp 14.725 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan penguatan rupiah sore ini terdorong sentimen domestik, di mana Bank Indonesia (BI) kembali melakukan intervesi dengan menerapkan strategi bauran yang berkaitan dengan persiapan menghadapi volatilitas nilai tukar dan aliran modal agar konsisten dengan target inflasi.

Baca juga: Rupiah Melemah, Intip Kursnya di Lima Bank

“Agar kebijakan suku bunga tetap konsisten dengan target inflasi yang sudah ditentukan maka Bank Indonesia terus melakukan intervensi nilai tukar dan manajemen aliran modal yang berkaitan erat dengan aliran keluar masuk modal,” kata Ibrahim.

Intervensi dari BI dilakukan untuk mengimplementasikan rencana pencapaian target inflasi. Apabila hanya diatasi dengan kebijakan suku bunga, ini dinilai belum cukup.

Adapun bentuk intervensi yang dilakukan BI adalah melalui Obligasi, Domestic Non Delivery Forward (DNDF) atau transaksi derivatif valas terhadap rupiah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini dinilai lebih efektif dalam menstabilisasi nilai tukar untuk tujuan stabilitas harga.

Baca juga: Rupiah Menguat Tipis Pagi Ini

Di sisi lain, harapan akan lolosnya Undang-undang RUU stimulus menjelang pemilihan presiden AS pada 3 November 2020 terus memudar.

Ini mengakibatkan prospek ekonomi kemungkinan akan melambat akibat dari pandemi Covid-19 yang terus meningkat. Belum lagi rencana paket stimulus fiskal AS jilid II yang belum terealisasi terus menjadi sentimen negatif.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.